LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN PPL
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
1. Hakekat PPL
Program Pengalaman Lapangan (PPL)
merupakan bagian inti kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru
atau tenaga pendidik, baik latihan mengajar maupun tugas kependidikan lainnya
secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan profesi keguruan PPL
merupakan muara dari seluruh program kependidikan.
PPL dapat disamakan dengan latihan
kerja (job training) bagi calon pegawai atau staf perusahaan. Hakikat dari
semua pelatihan tersebut adalah mempersiapkan calon pengemban tugas menjadi
profesional dalam bidang yang ditekuninya nanti. Dipandang dari sudut
kurikulum, PPL merupakan mata kuliah proses belajar mengajar yang
djpersyaratkan dalam pendidikan prajabatan guru. PPL sengaja dirancang untuk
mempersiapkan mahasiswa PPL agar memiliki atau menguasai kemampuan keguruan
yang terpadu secara utuh, sehingga setelah mereka menjadi guru mereka dapat
tugas dan tanggung jawab secara profesional. Setiap langkah dalam komponen
pelatihan tersebut mengacu pada teori yang telah dipelajari menuju kepada
praktek pelaksanaan tugas, atau berdasarkan efektivitas dan ketetapannya dalam
praktek.
2. Maksud dan Tujuan PPL
a.
Tujuan Umum
PPL bertujuan untuk mendapatkan pemahaman secara
faktual di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga kependidikan yang
memiliki seperangkat pengetahuan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi
profesinya serta mampu menerapkan dalam penyelenggaraan pendidikan dan
pengajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah.
b.
Tujuan Khusus
Tujuan khusus yang diharapkan dapat
dicapai oleh mahasiswa melalui PPL adalah sebagai berikut:
1. Mengenal secara utuh lingkungan
fisik, sosial, administrasi, dan akademik sekolah tempat pengabdian kelak.
2. Menguasai berbagai keterampilan mengajar.
3. Dapat menerapkan berbagai
kemampuan keguruan secara utuh dan terintegrasi dalam situasi nyata.
4. Mampu belajar dari pengalaman
mengikuti latihan.
3.
Kegunaan / Manfaat PPL
Secara umum kegunaan PPL bagi
mahasiswa adalah suatu wadah atau sebagai media untuk mendapatkan pengalaman
pendidikan secara faktual di lapangan untuk menerapkan ilmunya secara langsung.
Kerjasama antara guru pamong dengan mahasiswa PPL dapat meningkatkan
pengetahuan siswa dalam menjalankan tugas pengajaran dan memantapkan diri
sebagai pengajar profesional.
a.
Manfaat Bagi Mahasiswa
a. Mendapat kesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang
diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses belajar
mengajar.
b. Mengetahui dan memahami secara langsung proses
kegiatan pembelajaran.
c. Mendewasakan cara berpikir, meningkatkan daya penalaran
praktikan dalam melakukan penelaahan, perumusan dan
pemecahan masalah pendidikan.
d. Meningkatkan kemampuan praktikan dalam penyusunan
perangkat pembelajaran dan pengajaran di kelas.
b.
Manfaat bagi
Sekolah
1. Meningkatkan
kualitas pendidikan.
2. Memberikan
masukan kepada sekolah atas hal-hal atau ide-ide baru dalam perencanaan program
pendidikan yang akan datang.
3. Mempererat
kerjasama antara sekolah latihan dengan perguruan tinggi yang bersangkutan yang
dapat bermanfaat bagi para lulusannya kelak.
c.
Manfaat bagi Stkip Mega Rezky Makassar
1. Memperoleh
masukan tentang kasus pendidikan yang dipakai sebagai bahan pertimbangan
penelitian.
2. Memperluas dan
meningkatkan jaringan kerja sama dengan sekolah-sekolah latihan.
3. Memperoleh
masukan tentang perkembangan pelaksanaan PPL, sehingga kurikulum dan metode
yang dipakai dapat disesuaikan dengan tuntutan yang ada di lapangan.
B. Keadaan
Sekolah
1.
Fasilitas Sekolah
SMP Negeri 23 Makassar
a.
Ruang Belajar
Ruang
belajar yang dimiliki oleh SMP Negeri 23 Makassar sebanyak 28 kelas yang terdiri
dari 8
kelas untuk kelas VII, 10 kelas untuk kelas VIII dan 10 kelas untuk kelas IX.
b.
Ruang Kepala
Sekolah
Terletak
dibagian depan yang berdampingan dengan ruang tata usaha .
c.
Ruang Guru
Ruang
guru terletak dibagian samping kiri
ruang kepalah sekolah . Ruang guru dilengkapi
dengan meja dan kursi bagi setiap guru, lemari buku, toilet guru .
d.
Ruang Perpustakaan
Untuk
menunjang proses belajar mengajar di SMP Negeri 23 Makassar menyediakan sebuah ruang
perpustakaan yang berisi bahan pelajaran dan buku paket, koleksi-koleksi lain
berupa, surat kabar dan media lainnya.
e.
Ruang Laboratorium
SMP
Negeri 23 Makassar memiliki dua
buah ruang laboratorium yaitu ruang laboratorium IPA yang
dilengkapi dengan sarana dan prasarana alat dan bahan praktikum mata pelajaran IPA, dan ruang laboratorium Komputer yang
dilengkapi dengan alat-alat teknologi informatika yang dapat menghubungkan
dengan keadaan sekitar luar yaitu komputer.
f.
Ruang BK (Bimbingan
dan Konseling)
Untuk
membantu segala permasalahan siswa/siswi di SMP Negeri 23 Makassar dengan memiliki 1
ruangan yang letaknya berada di depan
kantin sekolah.
g.
Ruang TU (Tata
Usaha)
Sebagai
bagian dari sekolah, tata usaha mempunyai ruang khusus sehingga segala tugas-tugasnya dalam membantu kelancaran proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan optimal.ruang tata usaha terletak paling depan samping parkiran
h.
Mushollah
Bangunan
Musollah SMP Negeri 23 Makassar terletak di antara ruangan kelas VII-9 dengan ruang PMR.
Kondisi Musollah ini juga
digunakan sebagai tempat belajar
mengajar .
i.
Tempat parkir
Tempat
parkir di SMP Negeri 23 Makassar sebanyak satu lokal. yang digunakan sebagai tempat parkir
sepeda motor para guru dan para staf lainnya.
j.
Ruang koperasi
Ruang koperasi terletak di depan
perpustakaan , biasanya ruangan ini digunakan oleh guru – guru untuk makan dan
beristirahat
k.
Kantin
Kantin sekolah SMP Negeri 23
Makassar terletak di bagian belakang ruang BK
l.
Wc siswa / Wc guru
Letak Wc siswa terletak di
samping kanan kantin sedangkan Wc guru berada di dalam ruang guru sendiri
m.
Ruang PMR
Ruang PMR terletak di
samping musholla
n.
Ruang Olahraga
Terletak di depan kelas IX -
2.
Personil Sekolah
a.
Guru
JUMLAH GURU SMP NEGERI 23
MAKASSAR PADA
BULAN OKTOBER 2017
NO URUT
|
BANYAKNYA
GURU
|
MUTASI
|
||||
GURU TETAP
|
GURU TIDAK
TETAP
|
|||||
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
MASUK
|
KELUAR
|
|
1
|
9
|
41
|
-
|
7
|
-
|
-
|
JUMLAH
|
50
|
7
|
-
|
-
|
b.
Tata usaha
JUMLAH PEGAWAI TATA
USAHA, PEGAWAI TIDAK TETAP SMP
NEGERI 23 MAKASSAR PADA BULAN OKTOBER 2017
NO URUT
|
PEGAWAI TATA
USAHA
|
PEGAWAI TIDAK
TETAP
|
MUTASI
|
|||
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
MASUK
|
KELUAR
|
|
1
|
3
|
7
|
1
|
-
|
-
|
-
|
JUMLAH
|
10
|
1
|
-
|
-
|
c.
Siswa
JUMLAH MURID SMP NEGERI 23 MAKASSAR PADA BULAN
OKTOBER 2017
NO
URUT
|
KELAS
|
BANYAKNYA
SISWA
|
MUTASI
|
||||||||
MASUK
|
KELUAR
|
||||||||||
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
|||
1
|
VII
|
123
|
165
|
288
|
6
|
3
|
9
|
10
|
1
|
11
|
|
2
|
VIII
|
165
|
215
|
380
|
|||||||
3
|
IX
|
142
|
215
|
357
|
|||||||
JUMLAH
|
430
|
595
|
|||||||||
JUMLAH KESELURUHAN
|
1.025 ORANG
|
-
|
Keterangan Pegawai Sekolah :
1.
Kepala Sekolah :
1 orang
2.
Wakil Kepala Sekolah :
1 orang
3.
Guru Tetap :
50 orang
4.
Guru Tidak Tetap :
7 orang
5.
Pegawai Tata Usaha :
10 orang
6.
Pegawai Tidak Tetap :
1 orang
7.
Penjaga / Pesuruh :
4 orang
JUMLAH : 74 Orang
8.
BAB II
PELAKSANAAN DAN
PERMASALAHAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH
A.
Pelaksanaan PPL
1.
Kegiatan Latihan Mengajar
Kegiatan
Program Lapangan (PPL) yang dilaksanakan dari bulan september 2017 sampai dengan bulan oktober 2017.
2.
Kegiatan Proses belajar mengajar
NO.
|
Jadwal
|
Guru PPL
|
Kelas
|
Jam
|
Keterangan
|
1.
|
Senin, 11
september 2017
|
ANSAR D
|
VIII 6
|
08:40-10:20
|
Hadir
|
2.
|
Senin, 18
september 2017
|
ANSAR D
|
VIII 6 dan
VIII 7
|
08:20-10:20
dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
3.
|
Senin, 25
september 2017
|
ANSAR D
|
VIII 6 dan
VIII 7
|
08:20-10:20
dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
4.
|
Senin, 02
oktober 2017
|
ANSAR D
|
VIII 6 dan
VIII 7
|
08:20-10:20
dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
5.
|
Senin, 09
oktober 2017
|
ANSAR D
|
VIII 6 dan
VIII 7
|
08:20-10:20
dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
6.
|
Senin, 16
oktober 2017
|
ANSAR D
|
VIII 6 dan
VIII 7
|
08:20-10:20
dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
7.
|
Senin, 23
oktober 2017
|
ANSAR D
|
VIII 6 dan
VIII 7
|
08:20-10:20
dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
8.
|
Senin, 30
oktober 2017
|
ANSAR D
|
VIII 6 dan
VIII 7
|
08:20-10:20
dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
9.
|
Senin, 06
november 2017
|
ANSAR D
|
VIII 6 dan
VIII 7
|
08:20-10:20
dan 10:40-12:40
|
Izin
|
10.
|
Senin, 13
november 2017
|
ANSAR D
|
VIII 6 dan
VIII 7
|
08:20-10:20
dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
11.
|
Senin, 20
november 2017
|
ANSAR D
|
VIII 6 dan
VIII 7
|
08:20-10:20
dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
12.
|
Senin, 27
november 2017
|
ANSAR D
|
VIII 6 dan
VIII 7
|
08:20-10:20
dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
B.
Permasalahan
1.
Pengetahuan awal mahasiswa tentang keguruan.
Pengetahuan awal meliputi pengetahuan
tentang persiapan perangkat pembelajaran dan materi pembelajaran. Dalam
mempersiapkan perangkat pembelajaran kadangkala terdapat persebadaan secara
teknis antara pembekalan yang dilakukan oleh kampus dengan sekolah. Adanya
perkembangan kurikulum yang terjadi di sekolah menengah (Kurikulum 2013 revisi 2017) seringkali tidak diikuti
dengan seksama oleh pihak kampus.
Dari segi materi, mahasiswa PPL
merasa kesulitan melakukan sinkronisasi materi pelajaran yang diterima di
kampus dengan materi pada sekolah menengah. Materi kuliah biasanya lebih tinggi
dan mempunyai bahasa buku teks sehingga ada beberapa mahasiswa yang merasa
kesulitan menyesuaikan materi ini dengan konteks “buku paket”
2.
Fasilitas sekolah untuk
penyelenggaraan PPL
Sekolah penyelenggara sudah sewajarnya jika menyediakan
fasilitas seperti sekretariat mahasiswa PPL, lapangan, dan fasilitas mengajar lainnya. Sekolah tertentu dengan
keterbatasannya tidak memiliki fasilitas-fasilitas tersebut. Hal ini dirasakan
dapat menghambat proses pembelajaran praktik mengajar.
C.
Penanggulangan Masalah
1.
Selalu
berkonsultasi dengan dosen pembimbing dan guru pamong mengenai format RPP
menurut kurikulum baru.
2.
Praktikan
berusaha membuat RPP dengan baik dengan mempelajari kembali teori yang
berkaitan dengan perencanaan pembelajaran serta mendiskusikannya dengan
orang-orang yang telah memiliki kompetensi dibidang pendidikan khususnya
seperti melakukan konsultasi langsung dengan guru pamong berkenaan dengan
indikator, tujuan pembelajaran dan lembar informasi sehingga praktikan dapat
mengimplementasikannya sesuai dengan RPP yang disusun.
3. ketika fasilitas yang kurang
memadai maka dilakukan modifikasi dalam proses mengajar.
BAB III
PEMBAHASAN
A.
Jurnal Harian Mahasiswa Dan Penilaian Program Pengalaman
Lapangan
Form-1
JADWAL KEGIATAN MAHASISWA
PPL
Hari/Tanggal
|
Pukul
|
Jenis Kegiatan
|
Keterangan
|
Senin, 11 September 2017
|
07.00 - 08.00
|
Upacara Bendera
|
|
Selasa, 5 september 2017
|
08.00 - selesai
|
Rapat dan Pembekalan PPL
|
|
Rabu, 6 september 2017
|
10.00 - selesai
|
Orientasi Lingkungan sekolah
|
|
Senin, 11 september 2017
|
10.40 - selesai
|
Orientasi
mengenal pembuatan RPP
|
|
Rabu, 6 september 2017
|
Jam 11 keatas
|
Mengenal
lingkungan sekolah /kelas
|
Form-2
PROGRAM KEGIATAN PPL DI
SEKOLAH LATIHAN
No.
|
Program
|
Waktu (WITA)
|
Keterangan (Narasumber)
|
I.
1.
2.
II.
1.
2.
.
.
|
Kegiatan mengajar
Observasi
a.
Mengenal lingkungan kelas
b.
Mengenal pembuatan RPP semester
c.
Mengobservasiguru pamong
Berlatih Mengajar (Mandiri)
Kegiatan Non Mengajar
Mengenal lingkungan sekolah
Mengenal pengelolah
kurikulum
Mengenal pengelolah sekolah secara umum
Membantu pembuatan RPP
Mengikuti jum’at senam
Kegiatan Extrakurikuler
Escool
|
08.20 - selesai
10.40 - selesai
07.00 – 09.20
10.30 - selesai
Setelah mengenal lingkungan sekolah
Setelah mengenal pengelola kurikulum
09.40 - selesai
07.00 – 08.00
02.00 - selesai
|
Siswa
Guru pamong
Guru pamong
Guru Pamong
Guru dan Pegawai
Guru
Guru dan Pegawai Sekolah
Guru Pamong
Guru , pegawai , dan siswa
sekolah
Guru pamong
|
Makassar,
06 Januari 2018
Menyetujui,
Guru Pamong Mahasiswa
Sucipto
S. Pd Ansar
D
NIP:
196411101988031023 NIM:
093188761145
Mengetahui,
Kepala
SMPN 23 Makassar Dosen
Pembimbing
Hj.
Sarlina T, S. Pd, M. Pd Suhardianto,
S. Pd, M
NIP:
196304281985122004 NIDN:
0922118801
Form-3
URAIAN KEGIATAN HARIAN
MAHASISWA PPL
Hari / Tgl / Waktu
|
Keterangan
|
TandaTangan
|
Senin, 11 September 2017 /
07.00 – 08.00
Rabu, 6 September 2017 Dan Hari-Hari Berikutnya
Rabu, 6 September 2017
Rabu, 6 September 2017
|
Ø Mengikuti upacara
bendera dirangkaikan dengan penerimaan Mahasiswa PPL di SMP Negeri 23 Makassar
Ø Berkenalan dengan kepala
sekolah, wakil kepala sekolah, guru pamong, guru-guru pengajar dan staf
sekolah yang lainnya.
Ø Pengenalan lokasi
sekolah, gedung sekolah, ruangan-ruangan (ruang kelas, dan ruangan-ruangan
pendukung lainnya).
Ø Mengkonsultasikan kepada guru pamong tentang tugas seorang guru, tata
tertib sekolah baik tata tertib guru, maupaun staf sekolah lainnya. Serta
tata tertib siswa dan mahasiswa sebagai calon guru yang sedang praktek
mengajar.
|
|
Rabu, 6 September 2017
Senin, 18 September 2017 / 10.30 - Selesai
Senin, 11 September 2017 / 08.20 – 10.20 ,
Kamis 14 September 2017 / 07.00
/ 09.20
Senin, 11 September 2017 / 11.10 – Selesai Makan
|
Ø Mengenal administrasi
dan pengelolaan sekolah secara umum.
Ø Mengenal pengelolaan
perpustakaan
Ø Mengenal pengelolaan
bimbingan belajar melalui pendampingan peserta PPL lainnya
dikelas VII-4 dan
dikelas VII-6.
Ø Observasi kantin sekolah
|
|
Rabu, 6 September 2017/11.00 - Selesai
Senin, 18 September 2017 / 08.20 -10.20
Senin , 11 September 2017 / 10.30 – Selesai
|
Ø Pendampingan
kembali peserta PPL
Ø Berlatih
mengajar (terbimbing) bersama guru pamong di kelas VII - 4
Ø Observasi latihan
mengajar terbimbinsg dikelas.
Ø Konsultasi batasan materi ajar pada kelas VII-4 dan mengisi daftar hadir.
|
|
Senin, 11 September
-Kamis, 30 November 2017
-
|
Ø Mengisi daftar hadir
mahasiswa PPL.
Ø Melatih belajar
terbimbing bersama dengan guru pamong dikelas VII – 6
|
|
Senin, 18 September 2017 / 07.00 – 08.00
Selasa , 5 September 2017 / 13.Siang - Selesai
|
Ø Upacara bendera.
Ø Rapat bersama seluruh
peserta PPL membahas tentang pembagian Koordinator pengklarifikasian petunjuk pengisian buku jurnal PPL.
|
JADWAL KEGIATAN MENGAJAR MAHASISWA PPL SMP NEGERI 23 MAKASSAR
NO.
|
Jadwal
|
Kelas
|
Jam
|
Keterangan
|
1.
|
Senin, 11 september 2017
|
VIII 6
|
08:40-10:20
|
Hadir
|
2.
|
Senin, 18 september 2017
|
VIII 6 dan VIII 7
|
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
3.
|
Senin, 25 september 2017
|
VIII 6 dan VIII 7
|
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
4.
|
Senin, 02 oktober 2017
|
VIII 6 dan VIII 7
|
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
5.
|
Senin, 09 oktober 2017
|
VIII 6 dan VIII 7
|
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
6.
|
Senin, 16 oktober 2017
|
VIII 6 dan VIII 7
|
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
7.
|
Senin, 23 oktober 2017
|
VIII 6 dan VIII 7
|
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
8.
|
Senin, 30 oktober 2017
|
VIII 6 dan VIII 7
|
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
9.
|
Senin, 06 november 2017
|
VIII 6 dan VIII 7
|
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
|
Izin
|
10.
|
Senin, 13 november 2017
|
VIII 6 dan VIII 7
|
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
11.
|
Senin, 20 november 2017
|
VIII 6 dan VIII 7
|
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
12.
|
Senin, 27 november 2017
|
VIII 6 dan VIII 7
|
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
|
Hadir
|
Form-4
CATATAN DOSEN PEMBIMBING
Hari/Tanggal
|
Uraian
|
Tanda Tangan
|
Form-5
Catatan
Guru Pamong
Hari/Tanggal
|
Uraian
|
Tanda Tangan
|
Form-6
Catatan Mahasiswa
Hari/Tanggal
|
Uraian
|
Tanda Tangan
|
.
|
B.
Kegiatan Observasi Orientasi Di
Sekolah Latihan
1.
Jenis Kegiatan
Observasi
dilakukan pada selama dalam proses ppl sampai minggu terakhir ppl
2.
Waktu Pelaksanaan
Awal pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) di SMP
Negeri 23 Makassar ; Rabu, 6 September 2017/ dan
penarikan mahasiswa dari kampus Senin, 4 Desember 2017/ . Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan (sembilan
puluh hari kerja).
3.
Pembimbing
a.
Dosen pembimbing mengantar mahasiswa asuhannya ke sekolah dan
memperkenalkan mereka kepada kepala sekolah dan guru pamong serta menjelaskan
tugas-tugas yang akan dikerjakan.
b.
Pelaksanaan kegiatan selanjutnya di koordinasikan oleh
guru pamong dan koordinator .
C.
Nama Sekolah, Lokasi Sekolah, Visi dan Misi
Sekolah
Nama Sekolah : SMP Negeri 23 Makassar
Alamat Sekolah :
JL.Paccinang
Raya II NO.35 B Tello Baru
Ø
Kecamatan : Panakkukang
Ø
Kota : Makassar
Ø
Provinsi : Sulawesi Selatan
Ø
NPSN : 40307328
Ø
Telepon : 445388
NSS / NSB : 201196010172
Status Sekolah :
Negeri
Sekolah Di
Dirikan : 22 Desember 1986
No.Kode Sekolah : 516827
VISI :
Mewujudkan insan
yang bertaqwa, berbudaya, berprestasi dan cinta lingkungan
MISI :
1.
mengamalkan nilai - nilai agama serta berperilaku
akhlakul karimah
2.
terwujudnya budaya disiplin pada warga sekolah
3.
menanamkan semangat kepedulian sosial dan nasionalisme
4.
melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif
dan menyenangkan
5.
menumbuhkan semangat berprestasi kepada seluruh warga
sekolah
6.
mengembangkan bakat
dan minat peserta didik
7.
meningkatkan kemampuan warga sekolah dalam iptek
8.
terlaksananya kegiatan ekstra kurikuler
9.
menghasilkan siswa yang berprestasi
10.
meningkatkan kesadaran
warga sekolah dalam kesehatan dan peduli lingkungan
11.
terwujudnya lingkungan yang berseri
TUJUAN UMUM :
meletakkan dasar
iman dan taqwa, berbudaya dan
berkepribadian dengan dasar kecerdasan, pengetahuan, keterampilan untuk hidup
mandiri dalam mengikuti pendidikan selanjutnya
BAB IV
KEGIATAN OBSERVASI
ORIENTASI DISEKOLAH
KEGIATAN
1
BERKENALAN
DENGAN PIMPINAN SEKOLAH, GURU PAMONG, GURU - GURU LAIN DAN STAFF TATA USAHA SEKOLAH
1.
Nama Pimpinan Dan Guru - Guru
NO
|
NAMA / NIP
|
GURU BIDANG STUDI
|
IJASA / JURUSAN THN. SEJAK DI ANGKAT
JADI GURU / PEGAWAI HINGGA SEKARANG
|
KET.TENTANG STATUS GURU /PEGAWAI
|
1
|
Hj. Sarlina T,
S.Pd.,M.Pd
19630428 198512 2
004
|
Bhs.Inggris
|
Ø D2/A2 B.
Inggris 1985
Ø S1/A4 B.
Inggris1998
Ø S2 B. Inggris
2004
|
KEPSEK
|
2
|
Dra. Hj.Nur Sayang
19581231 198403 2 041
|
Bhs.Indonesia
|
Ø SM.Adm.Negara
1980
Ø S1 Ilmu
Administrasi 1986
|
Guru
|
3
|
Dra. Hj.Fatmawati
19610515 198303 2 024
|
Bhs.Inggris
|
Ø D.II/A.II Bhs.Inggris 1982
Ø S1/A.IV Bhs.Inggris 1988
|
Guru
|
4
|
Winarti Widiastuti, S.Pd
19720918 199403
2 005
|
Matematika
|
Ø D.III/A.III Mat. 1993
Ø S1/A.IV Mat 2002
|
Guru
|
5
|
Dra. Fatimah
19600629 199902 2 003
|
Agama Islam
|
Ø S1 Tarbiya 1986
|
Guru
|
6
|
Thomas, S.Pd
19580621 198003 1 008
|
Sejarah
|
Ø STM Mesin 1977
Ø PGSMTP Sejarah 1997
|
Guru
|
7
|
Maria Sorong. P . S.Pd
19600616 198111 2 002
|
Bhs.Indonesia
|
Ø D1/A1 B.Indo 1981
Ø S1/A4 B,Indo 2000
|
Guru
|
8
|
Dra. Hj.Hamida, M.M.Pd
19590808 198403 2
008
|
Fisika
|
Ø D1/A1 IPA 1983
Ø S1/A1 Fisika 1992
Ø S2/Manaj. Pendidikan 2011
|
Guru
|
9
|
Mumalik Ali, S.Pd, M.M.Pd
19610420 198403 1 006
|
Fisika
|
Ø D1/A1 O tomotif 1983
Ø S1/ Fisika 2003
Ø S2 Manaj. Pendidikan 2011
|
Guru
|
10
|
H. Mansur, S.Pd, M.M.Pd
19650909 198803 1 016
|
Ekop
|
Ø D.III/A.III Koperasi 1987
Ø S1/A.IV Ekop 1999
Ø S2/Manaj, pendidikan 2010
|
Guru
|
11
|
Ni Wayan Ridani, S.Pd, M.
M.Pd
19650929 198803 2 015
|
KTK
|
Ø D2/A2 Seni Tari 1987
Ø S1/A.IV Seni Tari 1998
Ø S2 Manaj. Pendidikan 2010
|
Guru
|
12
|
Sitti Asriani Bennu
19651231 198803 2 150
|
Bhs.Indonesia
|
Ø D3/A3 B.Indo 1987
|
Guru
|
13
|
Drs. Burhanuddin Andi.M
19621231 198903 1 143
|
Bhs.Indonesia
|
Ø S1/A4 Bhs. & Sastra Indo
|
Guru
|
14
|
Sucipto, S.Pd
19641110 198803 1 023
|
Penjaskes
|
Ø D.II/AII Orkes 1987
Ø S1/A.IV Orkes 1996
|
Guru
|
15
|
Rohmadi, S.Pd
19611210 198703 1 016
|
Bhs.Indonesia
|
Ø D2/A2 B.Indo 1986
Ø S1/A4 B.Indo 2002
|
Guru
|
16
|
Hj.Besse Nadira, S.Pd
19710418 199401 2 003
|
Matematika
|
Ø D.III/A.III Matematika 1993
Ø S1/A.IV Matematika 1999
|
Guru
|
17
|
Nety Barung, S.Pd
19680614 199803 2 005
|
Biologi
|
Ø S1/A.IV Biologi 1994
|
Guru
|
18
|
Rosnawati, S.Pd
19631010 198512 2 005
|
Bhs.Indonesia
K R T
|
Ø D.II/A.II P K K 1984
|
Guru
|
19
|
Dra.Hj. Jumrita Maro, M.M.Pd
19661012 199703 2 002
|
Ekop
|
Ø S1/A.IV Koperasi 1990
Ø S2 Manaj. Pendidikan 2011
|
Guru
|
20
|
Hj.St. Rahmatiah
A ,S.Pd
19601231 198703 2 069
|
PPKN
|
Ø S. Muda Civhukum 1986
Ø S1 IPS 2009
|
Guru
|
21
|
Nur Ratna, S.Pd.I
19601231 198303 2 149
|
Agama Islam
|
Ø S.M Usuluddin 1981
Ø S1/A.IV Pend. Agama Islam
|
Guru
|
22
|
Kasmawati, S.Pd
19641231 198703 2 179
|
Bhs.Inggris
|
Ø D.II/A.II Bhs.Inggris 1986
Ø S1/A.IV Bhs.Inggris 1998
|
Guru
|
23
|
Hj. Rohani, S.Pd
19680507 199412 2 007
|
IPS
|
Ø D.III/A.III IPS 1992
Ø S1/A.IV IPS 2007
|
Guru
|
24
|
Nabsam Syamsuddin, S.Pd
19650502 199303 1 013
|
Biologi
|
Ø D.III/A.III Biologi 1991
Ø S1/A.IV Biologi 2001
|
Guru
|
25
|
St. Hadijah Wahid , S.Pd
19620301 198403 2 011
|
Fisika
|
Ø DII/AII IPA 1983
Ø S1/A.IV Pend.Biologi
|
Guru
|
26
|
Hj. Hajriah, S.Pd.,M.Pd
19730528 200012 2 004
|
Bhs.Indonesia
|
Ø S1/A.IV Bhs.Indonesia 1998
Ø S2 Bhs.Indonesia 2006
|
Guru
|
27
|
Hj.Ratna. Z , S.Pd
19621231 198512 2 044
|
K R T
|
Ø D2/A2 K R T 1985
Ø S1/A4 Seni Rupa 1998
|
Guru
|
28
|
Sitti Habriah, S.Pd.,M.Pd
19750606 199903 2 012
|
Bhs.Inggris
|
Ø S1/A.IV Bhs.Inggris 1998
Ø S2/ Manaj. Pendidikan 2011
|
Guru
|
29
|
Supriani, S.Pd
19611225 198703 2 014
|
Bhs.Inggris
|
Ø PGSMTP Thn 1986
Ø S1/A.IV Bhs.Inggris 2002
|
Guru
|
30
|
Ratna Sari Dewi, S.Pd
19671220 199103 2 008
|
Bhs.Indonesia
|
Ø D.II/A.II Bhs.Daerah 1990
Ø S1/A.IV Bhs.Indonesia 2002
|
Guru
|
31
|
Mas’ati, S.Pd
19700615 199412 2 002
|
PKN
|
Ø IV/A.IV Pend.PKN
|
Guru
|
32
|
Nuraeni, S.Pd
19720715 199903 2 013
|
Biologi
|
Ø S1/A.IV Biologi 1998
|
Guru
|
33
|
Hanna Rieni , S.Pd
19670609 199412 2 006
|
Biologi
|
Ø D.III/A.III Biologi 1991
Ø S1/A.IV Biologi 2006
|
Guru
|
34
|
Paharuddin Yahya, S.Pd
19641212 198512 1 002
|
Sejarah
|
Ø D.II/A.II IPS 1985
Ø S1/A.IV Sejarah 1997
|
Guru
|
35
|
Hj. Husni, S.Pd
19641231 198411 1 017
|
IPS
|
Ø S1/A.IV IPS 2008
|
Guru
|
36
|
Hj. Halima, S.Pd
19600802 198403 2 005
|
Matematika
|
Ø D.II/A.II Matematika 1983
Ø D.III/A.III Matematika 2001
|
Guru
|
37
|
Hj. Hamdana Akhmad, BA
19601111 198103 1 016
|
Bhs.Indonesia
|
Ø SM / Bhs. Indonesia 1984
|
Guru
|
38
|
Hastinah Hamzah, S.Pd
19670605 200012 2 002
|
PKN
|
Ø IV / PKN
|
Guru
|
39
|
Marliah, S.Pd
19700301 199203 2 013
|
Bhs.Indonesia
|
Ø D.II/A.II B,Daerah 1991
Ø S1/A.IV Bhs.Indonesia 2002
|
Guru
|
40
|
Meilda, Spak, M.Pdk
19700509 200003 2 001
|
Ag.Kristen
|
Ø S1/A.IV Ag.Kristen 1993
Ø S2 Ag. Kristen 2012
|
Guru
|
41
|
Emiliyawati, S.Pd.,M.Pd
19770713 200312 2 010
|
Penjaskes
|
Ø S1/A.IV Penjaskes 2000
Ø S2 Penjaskes 2010
|
Guru
|
42
|
Insana Rauf, S.Pd
19730818 200502 2 001
|
Biologi
|
Ø S1/A.IV Biologi 1998
|
Guru
|
43
|
Suriama Yaman, S.Pd
19720902 200701 2 011
|
Bhs.Inggris
|
Ø S1/A.IV Bhs.Inggris
|
Guru
|
44
|
Sitti Roslina, S.Pd
19730110 200701 2 017
|
Matematika
|
Ø S1/A.IV Matematika
|
Guru
|
45
|
Andriani, S.Si
19771221 200801 2 015
|
Matematika
|
Ø S1/A.IV Matematika
|
Guru
|
46
|
Andi Rachma Aris, S.Pd
19820421 200902 2 006
|
Matematika
|
Ø S1/A.IV Matematika
|
Guru
|
47
|
Kasmah, S.Pd
19740531 200903 2 002
|
BK
|
Ø STKIP Muhammadiyah Barru
|
BP
|
48
|
Hj. Nuraini, S.Ag
19740212 200801 2 011
|
Ag.Islam
|
Ø S1 UMI Makassar
|
Guru
|
49
|
St. Zaenab
19730123 201001 2 003
|
Seni Budaya
|
Ø S1 IKIP U. Pandang
|
Guru
|
50
|
Abd. Syukur, ST
19702903 201407 1 001
|
Komputer
|
Ø S1 Teknik Mesin 1998
|
Guru
|
51
|
Husnah Muhammad, S.Pd
|
Komputer
|
Ø S1/A.IV Bhs.Inggris
|
GTT
|
52
|
Sunarwati, S.Pd
|
BK
|
Ø S1/A.IV Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan
|
GTT
|
53
|
Kiki Puspita, S.Pd
|
Penjaskes
|
Ø S1/A.IV Pendidikan Kepelatihan olahraga
|
GTT
|
54
|
Nini Nursanti, S.Pd
|
Seni Tari
|
Ø S1/A.IV Seni Tari 2013
|
GTT
|
55
|
Fatmawati, S.Pd
|
IPS
|
Ø S1/A.IV Sosiologi 2011
|
GTT
|
56
|
Maria Ririn Mantrisari, S.Pd
|
Bhs.Inggris
|
Ø S1/A.IV Bhs.Inggris 2016
|
GTT
|
57
|
Andi Febriana Safitri
|
BK
|
Ø S1/A.IV BK 2016
|
GTT
|
58
|
Hj. St. Rahimah, S.Sos
19591231 198203 2 158
|
-
|
Ø SMKK.T.L Pakaian 1977
Ø Amd. Negara 2003
|
KTU
|
59
|
Moh.Hamsyur Hamid, SE
19630301 198803 1 027
|
-
|
Ø
Ø SMA. IPS 1983
Ø S1/A.IV Manaj.Persh 1992
|
Pel. T. Usaha
|
60
|
Hj. Hasnah, SE
19610409 198203 2 005
|
-
|
Ø SD 1974
Ø S1/A.IV Manajemen 2010
|
Pel. T. Usaha
|
61
|
Hj. Sutria,SE
19620402 198303 2 020
|
-
|
Ø SMEA T. Buku 1980
Ø S1/A.IV Manajemen 2012
|
Pel. T. Usaha
|
62
|
Ruhani, S.Sos
19691108 199101 2 003
|
-
|
Ø SMEA. Perk. 1988
Ø S1/Adm.Neg 2003
|
Pel. T. Usaha
|
63
|
Darmais . SE
19680905 198803 1 004
|
-
|
Ø SMA. IPA 1986
Ø S1/Ekonomi 2013
|
Pel. T. Usaha
|
64
|
Hj. St. Hafsa
19631205 198703 2 016
|
-
|
Ø SMP 1979
Ø S1. Sos 1991
|
Pel. T. Usaha
|
65
|
Suarni
19671231 198803 1 004
|
-
|
Ø SMA. IPS 1986
|
Pel. T. Usaha
|
66
|
St. Gustiah. SE
19680812 199310 2 005
|
-
|
Ø SMA. IPA 1988
Ø S1 Ekonomi 2013
|
Pel. T. Usaha
|
67
|
Abdi
19780905 201407 1 006
|
-
|
Ø SMEA Perkantoran 1996
Ø S1 Akutansi 2013
|
Pel. T. Usaha
|
68
|
Nobertus Busa, S.IF
|
-
|
Ø S1 Ilmu Filsafat
|
PTT
|
2.
Manfaat yang saya peroleh dalam perkenalan ini :
Ø Memahami
dan mengetahui kondisi sekolah
Ø Dapat
mengenal dan menjalin silaturrahim dengan kepala sekolah, guru-guru, dan staf
tata usaha sehingga
memudahkan kami ...
KEGIATAN II
Mengenal Lokasi Sekolah,
Ruang Kelas, Kantor, Dan
Fasilitas
Nama Dan Lokasi Sekolah
Nama Sekolah : SMP
Negeri 23 Makassar
Alamat Sekolah : Jl.Paccinang
Raya II No.35 B Tello Baru
1.
Gedung dan Bangunan
Sekolah
No
|
Jenis Ruangan, Gedung
dan Lain-Lain
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
Ruang
Belajar
|
24 Ruang
|
Baik
|
2
|
Ruang
Kepala Sekolah
|
1 Ruang
|
Baik
|
3
|
Ruang
Guru
|
1 Ruang
|
Baik
|
4
|
Ruang
Tata Usaha
|
1 Ruang
|
Baik
|
5
|
Ruang
Perpustakaan
|
1 Ruang
|
Baik
|
6
|
Ruang
Laboratorium TIK
|
1 Ruang
|
Baik
|
7
|
Ruang
Laboratorium IPA
|
1 Ruang
|
Baik
|
8
|
Ruang
Praktek
|
-
|
|
9
|
Ruang
Bengkel
|
-
|
|
10
|
Ruang
Olahraga
|
1 Ruang
|
Baik
|
11
|
Ruang
Mushallah
|
1 Ruang
|
Baik
|
JUMLAH
|
32 Ruang
|
Kelas
1
|
KELAS
VII
|
8 Ruang
|
2
|
KELAS
VIII
|
10 Ruang
|
3
|
KELAS
1X
|
10 Ruang
|
JUMLAH
|
28 Ruang
|
Tanah
1
|
LUAS
BANGUNAN
|
1.827 m²
|
2
|
LUAS LAHAN
|
2000 m²
|
3
|
LUAS KEBUN SEKOLAH’
|
- m²
|
2.
Manfaat apa yang dapat
saudara peroleh dengan kegiatan pengenalan gedung dan fasilitas sekolah ini :
Ø Setelah
melakukan observasi pada gedung dan fasilitas di SMP Negeri 23 Makassar saya
dapat memperolah tentang informasi dari gedung dan fasilitas di sekolah ini dan
bermanfaat untuk penelitian selanjutnya
KEGIATAN III
Mempelajari
Tugas-Tugas Guru Di Sekolah, Tata Tertib Sekolah Untuk Guru Maupun Untuk Siswa
Tata Tertib Guru
SMP Negeri 23 Makassar
1.
Berpakaian seragam / rapi sesuai ketentuan yang di
tetapkan
2.
Bersikap dan berperilaku sebagai pendidik
3.
Berkewajiban menyiapkan administrasi pengajaran,
alat-alat dan bahan pelajaran dan mengadakan ulangan secara tertulis
4.
Wajib hadir di sekolah
10 menit sebelum mengajar
5.
Wajib megikuti upacara bendera setiap hari senin bagi
guru
6.
Wajib mengikuti rapat-rapat yang diselenggarakan sekolah
7.
Wajib melapor pada guru piket jika terlmbat
8.
Wajib memberitahukan kepada kepala sekolah atau guru
piket bila berhalangan hadir dan memberikan tugas atau bahan pelajaran untuk siswa
9.
Wajib menandatangani daftar hadir dan mengisi agenda
kelas
10.
Mengkoordinasikan / menertibkan siswa saat akan belajar
11.
Wajib melapor kepada kepala sekolah / guru piket jika
akan melaksanakan kegiatan diluar sekolah
12.
Selain mengajar juga memperlihatkan siuasi kelas mengenai
8 K dan membantu menegakkan tata tertib siswa
13.
Tidak diperbolehkan menyuruh siswa menulis daftar nilai
14.
Tidak diperbolehkan memulangkan siswa tanpa izin guru
piket atau kepala sekolah
15.
Tidak diperbolehkan menggunakan waktu istrahat untuk
ulangan / kegiatan lain didalam kelas
16.
Memberikan sangsi kepada siswa yang melanggar tata tertib
yang bersifat mendidik dan menghindari hukuman fisik yang berlebihan
17.
Tidak merokok didalam kelas
18.
Menggunakan tatap muka minimal 15 menit untuk
melakukan pembinaan akhlaq terhadap
siswa
19.
Wajib menjaga kerahasiaan jabatan
20.
Wajib menjaga citra guru, sekolah dan citra pendidik
Tata Tetib
Peserta Didik SMP Negeri 23 Makassar
Pendahuluan
Bahwa sesunggunya
tata tertib siswa bukan lah sekedar kelengkapan
sekolah , tetapi merupakan bagian dari kehidupan siswa itu sendiri. Tata
tertib siswa SMP Negeri 23 Makassar di susun secara kondisional
berdasarkan keputusan Dirjen Nomor 129/C/Kep/91 Tentang “ pedoman
penggunaan dan pengembangan kesiswaan bagi SMP dan SMA dalam lingkungan
pembinaan dirjen Dikdasmen melalui usaha meningkatkan ketahanan sekolah dalam
rangka mengembangkan sekolah sebgai pusat pendidikan : maka sehubungan dengan
hal tersebut disusunlah pedoman tata tertib sekolah sebagai berikut :
Azaz
Umum
Tiap Siswa Wajib :
1.
Senantiasa menjunjung tinggi sopan santun dimanapun
berada
2.
Sebagai warga negara yang berpendidikan dan berjiwa
nasional agar senantiasa memberi contoh dalam hal :
a.
Takwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b.
Taat Kepada Hukum Dan Undang Undang Negara
c.
Patuh Pada Tata Tertib Dan Peraturan Sekolah
d.
Hormat Kepada Orang Tua, Bapak, Ibu Guru, Teman Dan
Masyarakat
3.
Memiliki rasa persatuan dan kesatuan dan rasa
kekeluargaan
4.
Dapat menjadi teladan di lingkunga masyarakat
Tugas
Dan Kewajiban
Untuk pembinaan dan ketahanan sekolah maka siswa
mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :
I.
Intra Kurikuler
A.
Jam Pelajaran
Ø Siswa yang
terlambat datang, boleh mengikuti pelajaran setelah mendapat izin dari kepala sekolah / wakil kepala
sekolah / guru BK dengan menyampaikan alasan yang dapat di terima
Ø Untuk menjaga
kemungkinan yang tidak di harapkan siswa di wajibkan membawa kartu pengenal /
kartu OSIS sekolah
Ø Pada jam
pelajaran berlangsung siswa wajib menjaga keamanan kelasnya, dilarang berada
diluar kelas atau mondar – mandir sehingga dapat mengganggu kelas lain
Ø Pada waktu
perpindahan jam pelajaran siswa tetap berada dalam kelas
B.
Waktu Tidak Ada Jam Pelajaran
Ø Pada waktu jam
istirahat siswa berada di luar kelas, tetapi di larang meninggalkan lingkungan
sekolah tanpa izin
Ø Apabila guru
berhalangan siswa tetap tinggal di dalam kelas
C. Meninggalkan Sekolah
Ø Siswa yang akan
meninggalkan sekolah (izin) harus menghadap kepada kepala sekolah / wakil
kepala sekolah / BK paling lama 3 (tiga) hari, sedangkan siswa yang sakit lebih
dari 2 hari harus menyertakan keterangan dokter
Ø Siswa yang
meninggalkan sekolah selama 1 (satu) minggu berturut-turut tanpa pemberitahuan,
maka dianggap telah mengundurkan diri / keluar
II.
Ekstra Kurikuler
Dan Osis
Ø Setiap siswa
wajib menjadi anggota OSIS
Ø Setiap siswa
wajib mengikuti sala satu kegiatan ekstrakurikuler yang di selenggarakan oleh
sekolah sesuai dengan minatnya masing-masing
Ø Setiap siswa
dianjurkan mengikuti tabungan makassar Student Smart Card
III.
Keamanan ,
Kebersihan , Ketertiban , Keindahan ,
Kerindangan,
Kekeluargaan, Dan Kesehatan (7 K)
A.
Gedung Sekolah Halaman Dan Peralatannya
Ø Setiap siswa
wajib menjaga keamanan, kebersihan, keindahan lingkungan sekolah serta menjain
kekeluargaan di antara warga sekolah
Ø Setiap siswa
wajib menjaga dan memelihara fasilitas sekolah, termasuk taman bunga
Ø Setiap siswa
dilarang keras mencoret meja, kersi,
tembok dinding gedung sekolah
Ø Siswa dilarang
membawa HP dalam lingkungan sekolah
B.
Cara Berpakaian Dan Berdandan
Ø Setiap siswa
wajib berakaian seragam sekolah sesuai dengan ketentuan sekolah lengkap dengan
Astribut sekolah yang berlambang SMP Negeri 23 Makassar
Ø Hari sabtu
memakai pakaian seragam pramuka
Ø Ikat pinggang
hitam polos dengan berlogo OSIS
Ø Sepatu / tali
hitam polos
Ø Kaos kaki putih
polos diatas ± 20 cm diatas mata kaki
Ø Setiap upacara
bendera semua siswa wajib memakai pakaian seragam sekolah
Ø Pada waktu
olahraga siswa wajib menggunakan seragam olahraga yang di tentukan
Ø Bagi siswa
laki-laki wajib mencukur rambut dengan ketentuan ( bagian atas 1 cm bagian
samping kanan kiri ½ cm ) dan tidak pirang
Ø Untuk siswa
perempuan tidak di benarkan memakai kutex dan lipstick (lipglos), memakai
perhiasan yang berlebihan serta rambut pirang, celana ketat dan baju jangkis
Ø Kuku harus di
potong pendek
C.
Upacara
Ø Setiap siswa
wajib mengikuti upacara bendera dengan tertib, hikmat, dan lancar
Ø Setiap hari
senin dan hari besar nasional upacara dilakukan pada pagi hari
Ø Setiap hari
sabtu upacara penurunan bendera di lakukan sore hari
Ø Setiap hari
sabtu siswa wajib mengikuti senam (SKJ)
dan sabtu bersih
D. Lain – Lain
Ø Siswa yang
bersepeda agar diparkir secara teratur dan tertib
Ø Siswa dilarang
menggunakan sepeda motor ke sekolah
Ø Siswa dilarang
keluar pekarangan dengan cara melompat pagar
Ø Setiap siswa
wajib menjaga nama baik sekolah dimanapun berada
Ø Setiap siswa
dilarang membawa rokok / merokok
Ø Setiap siswa
dilarang membawa barang - barang terlarang disekolah antara lain senjata tajam, narkoba, minuman keras,
majalah, gambar, dan foto porno dan media cetak
porno
Ø Siswa dilarang
menjadi anggota suatu geng yang dapat mengganggu ketertiban sekolah
Ø Setiap siswa
dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengganggu ketertiban sekolah
Ø Siswa dilarang
berkelahi baik secara perorangan ataupun berkelompok baik dilingkungan sekolah
ataupun di luar sekolah
Ø Siswa dilarang
melakukan tindak pidana pencurian / kriminnal yang dilakukan di sekolah ataupun
di luar sekolah
E.
Sanksi
Semua siswa
berkewajiban mentaati tata tertib
sekolah bagi yang melanggar akan diberikan sanksi sebagai berikut :
1.
Peringatan secara lisan langsung kepada siswa yang
bersangkutan
2.
Peringatan secara tertulis kepada siswa yang bersangkutan
tembusan kepada orang tua / walinya
3.
Siswa tidak boleh mengikuti pelajaran untuk sementara
4.
Diskorsing untuk jangka waktu yang ditentukan (setelah
membuat pernyataan yang diketahui orang tua / wali siswa yang bersangkutan)
5.
Diserahkan kembali kepada orang tua /walinya dan
dikeluarkan dari sekolah
6.
Masalah yang ditimbulkan dalam media sosial diluar
tanggung jawab sekolah
F.
Penghargaan
Penghargaan
siswa dengan penuh kesadaran dan dan keikhlasan mematuhi / melaksanakan tata
tertib tersebut diatas berdasarkan ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh
sekolah ( kelompok guru penilai ) akan diberikan penghargaan berupa :
Ø Piagam
penghargaan
Ø Hadiah
Ø Dan lain - lain
G.
Penutup
Demikian tata
tertib ini dibuat untuk diketahui sebagai bukti persetujuan dan kesediaan untuk
mematuhi tata tertib ini, maka setiap siswa bersama orang tua/walinya
menandatangani surat pesetujuannya dalam SURAT PERNYATAAN
Demikianlah tata
tertib ini dibuat untuk diketahui sebagai bukti persetujuan dan kesediaan untuk mematuhi .
Makassar
, Januari 2018
Kepala SMP
Negeri 23 Makassar
HJ.SARLINA T. S.Pd.,M.Pd
Pangkat. Pembina
Tk I
NIP.19630428
198512 2 004
Lembaran Observasi
Kegiatan Belajar Mengajar
Nama
Sekolah : SMP Negeri 23 Makassar
Kelas : VII1 – 6 Dan VII1
– 7 ,
Jam
Pelajaran : Senin, 07.20 – 10.20 / 10.40-12.4
Mata
Pelajaran : PJOK
Hari /Tanggal :
Senin, 11 September 2017
A.
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Ketika masuk kelas yang dikerjakan guru adalah :
Ø ucapkan salam atau selamat
pagi kepada peserta didik
2.
Guru membuka pelajaran dengan cara:
Ø Guru membariskan peserta
didik mennjadi 4 bersyaf atau membentuk setengah lingkaran
Ø Guru atau siswa memimpin
doa dilanjutkan dengan mengabsen
Ø Guru harus memastikan
bahwa semua peserta didik dalam keadaan sehat
Ø Guru meminta salah seorang
peserta didik untuk memimpin aktifitas pemanasan
Ø Guru menyampaikan cakupan
materi yang akan dipelajari
Ø Guru menjelaskan
kompetensi yang harus dikuasai peserta didik setelah proses pembelajara
(seperti yang tercantum dalam indikator ketercapaian kompetensi)
3.
Apakah cara membuka pelajaran tersebut sesuai dengan materi
yang akan disajikan; berikan alasan :
Ø iya sesuai , sebab
materi yang saya ajarakan saya akan sesuaikan dengan cara saya membuka pelajaran
dari awal
4.
Berapa menit tahap pendahuluan ini berlangsung ?
Ø 15 menit
5.
Bagaimana perhatian siswa terhadap guru ?
Ø Sebagian besar
siswa memperhatikan guru, adapula yang tidak memperhatikan pada saat guru
menjelaskan materi yang di ajarkan
B.
Kegiatan Inti
1.
Bagaimana cara guru menyajikan materi pokok pelajaran ?
Ø Menjelaskan
terlebih dahulu materi yang akan di ajarkan
Ø Kemudian memberi
contoh gerakan yang akan di lakukan dengan cara mengambil 1 siswa untuk
melakukan gerakan tersebut agar peserta didik mudah memahami gerakannya
Ø Setelah itu
semua peserta didik harus melakukan gerakan / permainan
Ø Materi yang di
ajarkan di modifikasi dalam bentuk permainan agar peserta didik tidak merasa
jenuh dalam pembelajaran
2.
Selama pelajaran berlangsung berapa kali guru bertanya kepada
siswa?
Ø Di atas 4 kali
3.
Berapa orang siswa yang mendapat kesempatan mendapat
pertanyaan guru?
Ø Hampir semua
siswa namun siswa tidak ingin menjawab atau memiliki perasaan takut dan malu
pada saat guru bertanya
4.
Selama pelajaran berlangsung, apakah ada :
a.
Siswa yang mengajukan pertanyaan?
Ø Ada, yang
mengajukan pertanyaan yang mereka kurang mengerti / pahami mengenai materi
pembelajaran dan cara melakukan gerakannya
b.
Siswa yang mendapat kesulitan belajar, jika ya, bagaimana
cara guru membantunya
Ø Ada yang
kesulitan pada saat praktek , karena postur tubuhnya sangat kecil
Ø Cara membantunya
sebagian pembelajaran dia ikuti secara normal dan adapula yang di modifikasi
c.
Adakah siswa yang mengganggu kelas, jika ya, bagaimana cara
guru mengatasinya
Ø Ada, cara guru
mengatasinya peserta didik di beri hukuman push up atau di beri arahan agar
dapat mendengar pelajaran dengan baik
d.
Secara umum, bagaimana perhatian siswa terhadap pelajaran
yang disajikan guru ?
Ø Peserta didik
fokus mendengarkan materi ajar yang di ajarkan guru
e.
Berapa lama pelajaran berlangsung?
Ø 90 menit
C.
Penutup
1.
Apakah yang dilakukan untuk mengakhiri pelajaran?
Ø Guru membuat kesimpulan dari
materi
Ø Guru dan peserta didik
melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan
tujuan yang
ditetapkan
Ø Guru membuat penilaian
terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
Ø Guru menugaskan sala satu
peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
Ø Mengucapkan
salam
Ø Peserta didik kembali ke
kelas yang dilakukan dengan tertib , bagi peserta didik yang bertugas
mengembalikan peralatan ke tempat semula
2.
Apakah yang dilakukan guru sebelum mengakhiri pelajaran untuk
pindah
kepelajaran lain atau istirahat ?
Ø Tindak lanjut dan
penjelasan materi minggu depan
3.
Berapa menit bagian penutup ini berlangsung ?
Ø 15 menit
BAB
V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
pengalaman selama PPL yang dilaksanakan selama Lebih kurang tiga bulan
sejak tanggal 06 september 2017 sampai 04 desember 2017 kami
menyimpulkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa PPL jika
dilakukan dengan serius dan baik. Karena dengan adanya PPL mahasiswa
mendapatkan berbagai pengalaman terutama pengalaman dalam kegiatan belajar dan
mengajar sesungguhnya dan bagaimana cara menjadi guru yang berpotensi,
berintegrasi dan propesional . dalam PPL inilah semua Teori dan praktik yang pernah didapatkan selama kuliah
diterapkan secara langsung di sekolah.
Untuk menjadi seorang guru yang
profesional tidak hanya dibutuhkan
kecerdasan intelegensi dan emosional saja, tetapi ada yang lebih penting, yaitu
kecerdasan spritual yaitu bertindak sesuai dengan suara hati,karena tugas
seorang guru bukan hanya menyampaikan materi saja, tetapi yang lebih penting
dari semua itu adalah tugas sebagai pendidik yang memiliki peranan penting
dalam membentuk jiwa peserta didik untuk menjadi manusia yang berkepribadian
luhur dan bertanggung jawab.
B. Saran
Sebelum belajar mengajar dimulai
seorang guru perlu melakukan siraman rohani untuk menambah motivasi belajar
siswa,perlunya melakukan pengulangan terhadap materi sebelumnya beberapa menit
dan pembahasan soal yang sulit.
Ada baiknya PPL dilaksanakan selam 4
sampai dengan 5 bulan, Agar Lebih mendalam lagi dalam penerapan teori dan
pengalaman yang diperoleh.
DAFTAR PUSTAKA
Anthycomel, 2014, pendahuluan
laporan PPL, di askes tanggal 30 desember 2017, (https://www.slideshare.net/anthycomel/pendahuluan-17185467)
Sanbensungsenu, 2015, laporan
PPL individu, di askes tanggaal 30 desember 2017, (http://sanbensungsenu.blogspot.co.id/2015/05/laporan-ppl-individu.html)
Ferakomalasari, 2014, laporan-praktik-pengalaman-lapangan-ppl-smp-negeri-1-kuripan,
di askes tanggal 06 januari 2018, (https://ferakomalasari.wordpress.com/2014/04/22/laporan-praktik-pengalaman-lapangan-ppl-smp-negeri-1-kuripan-periode-20132014)
Ainwara, 2016, contoh-laporan-praktek-pengalaman,
di askes tanggal 06 januari 2018, (http://ainwara.blogspot.co.id/2016/07/contoh-laporan-praktek-pengalaman.html)
Komentar