LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN PPL



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
1.      Hakekat PPL
Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian inti kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru atau tenaga pendidik, baik latihan mengajar maupun tugas kependidikan lainnya secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan profesi keguruan PPL merupakan muara dari seluruh program kependidikan.
PPL dapat disamakan dengan latihan kerja (job training) bagi calon pegawai atau staf perusahaan. Hakikat dari semua pelatihan tersebut adalah mempersiapkan calon pengemban tugas menjadi profesional dalam bidang yang ditekuninya nanti. Dipandang dari sudut kurikulum, PPL merupakan mata kuliah proses belajar mengajar yang djpersyaratkan dalam pendidikan prajabatan guru. PPL sengaja dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa PPL agar memiliki atau menguasai kemampuan keguruan yang terpadu secara utuh, sehingga setelah mereka menjadi guru mereka dapat tugas dan tanggung jawab secara profesional. Setiap langkah dalam komponen pelatihan tersebut mengacu pada teori yang telah dipelajari menuju kepada praktek pelaksanaan tugas, atau berdasarkan efektivitas dan ketetapannya dalam praktek.
2.      Maksud dan Tujuan PPL
a.       Tujuan Umum
PPL bertujuan untuk mendapatkan pemahaman secara faktual di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga kependidikan yang memiliki seperangkat pengetahuan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu menerapkan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah.
b.      Tujuan Khusus
Tujuan khusus yang diharapkan dapat dicapai oleh mahasiswa melalui PPL adalah sebagai berikut:
1. Mengenal secara utuh lingkungan fisik, sosial, administrasi, dan akademik sekolah tempat pengabdian kelak.
2.  Menguasai berbagai keterampilan mengajar.
3. Dapat menerapkan berbagai kemampuan keguruan secara utuh dan terintegrasi dalam situasi nyata.
4. Mampu belajar dari pengalaman mengikuti latihan.
3.      Kegunaan / Manfaat  PPL
Secara umum kegunaan PPL bagi mahasiswa adalah suatu wadah atau sebagai media untuk mendapatkan pengalaman pendidikan secara faktual di lapangan untuk menerapkan ilmunya secara langsung. Kerjasama antara guru pamong dengan mahasiswa PPL dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam menjalankan tugas pengajaran dan memantapkan diri sebagai pengajar profesional.
a.       Manfaat Bagi Mahasiswa
a.   Mendapat kesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses belajar mengajar.
b.   Mengetahui dan memahami secara langsung proses kegiatan pembelajaran.
c.   Mendewasakan cara berpikir, meningkatkan daya penalaran praktikan dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pendidikan.
d.   Meningkatkan kemampuan praktikan dalam penyusunan perangkat pembelajaran dan pengajaran di kelas.
b.      Manfaat bagi Sekolah
1.   Meningkatkan kualitas pendidikan.
2.   Memberikan masukan kepada sekolah atas hal-hal atau ide-ide baru dalam perencanaan program pendidikan yang akan datang.
3.   Mempererat kerjasama antara sekolah latihan dengan perguruan tinggi yang bersangkutan yang dapat bermanfaat bagi para lulusannya kelak.
c.       Manfaat bagi Stkip Mega Rezky Makassar
1.   Memperoleh masukan tentang kasus pendidikan yang dipakai sebagai bahan pertimbangan penelitian.
2.   Memperluas dan meningkatkan jaringan kerja sama dengan sekolah-sekolah latihan.
3.   Memperoleh masukan tentang perkembangan pelaksanaan PPL, sehingga kurikulum dan metode yang dipakai dapat disesuaikan dengan tuntutan yang ada di lapangan.
B.     Keadaan Sekolah
1.      Fasilitas Sekolah  SMP Negeri 23 Makassar
a.    Ruang Belajar
Ruang  belajar yang dimiliki oleh SMP Negeri 23 Makassar sebanyak 28 kelas yang terdiri dari 8 kelas untuk kelas VII, 10 kelas untuk kelas VIII dan 10 kelas untuk kelas IX.
b.    Ruang Kepala Sekolah
Terletak dibagian depan yang berdampingan dengan ruang tata usaha .
c.    Ruang Guru
Ruang guru terletak dibagian samping kiri ruang kepalah sekolah . Ruang guru dilengkapi dengan meja dan kursi bagi setiap guru, lemari buku, toilet guru .
d.    Ruang Perpustakaan
Untuk menunjang proses belajar mengajar di SMP Negeri 23 Makassar menyediakan sebuah ruang perpustakaan yang berisi bahan pelajaran dan buku paket, koleksi-koleksi lain berupa, surat kabar dan media lainnya.
e.    Ruang Laboratorium
SMP Negeri 23 Makassar  memiliki dua buah  ruang  laboratorium yaitu ruang laboratorium IPA yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana alat dan bahan praktikum  mata pelajaran IPA, dan ruang laboratorium Komputer yang dilengkapi dengan alat-alat teknologi informatika yang dapat menghubungkan dengan keadaan sekitar luar yaitu komputer.
f.     Ruang BK (Bimbingan dan Konseling)
Untuk membantu segala permasalahan siswa/siswi di SMP Negeri 23 Makassar dengan memiliki 1 ruangan yang letaknya berada di depan kantin sekolah.
g.    Ruang TU (Tata Usaha)
Sebagai bagian dari sekolah, tata usaha mempunyai ruang khusus   sehingga segala tugas-tugasnya dalam  membantu  kelancaran  proses kegiatan belajar mengajar  dapat berjalan dengan lancar dan optimal.ruang tata usaha terletak paling depan samping  parkiran
h.    Mushollah
Bangunan Musollah SMP Negeri 23 Makassar terletak  di antara ruangan kelas VII-9 dengan ruang PMR. Kondisi Musollah ini juga digunakan  sebagai tempat belajar mengajar .
i.      Tempat parkir
Tempat parkir di SMP Negeri 23 Makassar sebanyak satu lokal. yang digunakan sebagai tempat parkir sepeda motor para guru dan para staf lainnya.
j.      Ruang koperasi
Ruang koperasi terletak di depan perpustakaan , biasanya ruangan ini digunakan oleh guru – guru untuk makan dan beristirahat
k.    Kantin
Kantin sekolah SMP Negeri 23 Makassar terletak di bagian belakang ruang BK
l.      Wc siswa / Wc guru
Letak Wc siswa terletak di samping kanan kantin sedangkan Wc guru berada di dalam ruang guru sendiri
m.  Ruang PMR
Ruang PMR terletak di samping  musholla
n.    Ruang Olahraga
Terletak di depan kelas IX -
2.      Personil Sekolah
a.      Guru
JUMLAH GURU SMP NEGERI 23 MAKASSAR PADA
BULAN OKTOBER 2017
NO URUT
BANYAKNYA GURU
MUTASI
GURU TETAP
GURU TIDAK TETAP
LK
PR
LK
PR
MASUK
KELUAR
1
9
41
-
7
-
-
JUMLAH
50
7
-
-

b.      Tata usaha
JUMLAH PEGAWAI TATA USAHA, PEGAWAI TIDAK TETAP SMP NEGERI 23 MAKASSAR PADA BULAN OKTOBER 2017
NO URUT
PEGAWAI TATA USAHA
PEGAWAI TIDAK TETAP
MUTASI
LK
PR
LK
PR
MASUK
KELUAR
1
3
7
1
-
-
-
JUMLAH
10
1
-
-

c.       Siswa
JUMLAH MURID SMP NEGERI 23 MAKASSAR PADA BULAN
OKTOBER 2017
NO URUT
KELAS
BANYAKNYA SISWA
MUTASI
MASUK
KELUAR
Lk
Pr
Jml
Lk
Pr
Jml
Lk
Pr
Jml

1
VII
123
165
288
6
3
9
10
1
11

2
VIII
165
215
380

3
IX
142
215
357

JUMLAH
430
595


JUMLAH KESELURUHAN
1.025 ORANG
-

 Keterangan Pegawai Sekolah         :
1.      Kepala Sekolah                       : 1 orang
2.      Wakil Kepala Sekolah                        : 1 orang
3.      Guru Tetap                              : 50 orang
4.      Guru Tidak Tetap                    : 7   orang
5.      Pegawai Tata Usaha               : 10 orang
6.      Pegawai Tidak Tetap              : 1 orang
7.      Penjaga / Pesuruh                    : 4 orang
JUMLAH                               : 74 Orang


8. 
BAB II
PELAKSANAAN DAN  PERMASALAHAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH
A.      Pelaksanaan PPL
1.    Kegiatan Latihan Mengajar
Kegiatan Program Lapangan (PPL) yang dilaksanakan dari bulan september 2017 sampai dengan bulan oktober 2017.
2.      Kegiatan Proses belajar mengajar
NO.
Jadwal
Guru PPL
Kelas
Jam
Keterangan
1.
Senin, 11 september 2017
ANSAR D
VIII 6
08:40-10:20
Hadir
2.
Senin, 18 september 2017
ANSAR D
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
3.
Senin, 25 september 2017
ANSAR D
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
4.
Senin, 02 oktober 2017
ANSAR D
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
5.
Senin, 09 oktober 2017
ANSAR D
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
6.
Senin, 16 oktober 2017
ANSAR D
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
7.
Senin, 23 oktober 2017
ANSAR D
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
8.
Senin, 30 oktober 2017
ANSAR D
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
9.
Senin, 06 november 2017
ANSAR D
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Izin
10.
Senin, 13 november 2017
ANSAR D
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
11.
Senin, 20 november 2017
ANSAR D
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
12.
Senin, 27 november 2017
ANSAR D
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir



B.       Permasalahan
1.      Pengetahuan awal mahasiswa tentang keguruan.
Pengetahuan awal meliputi pengetahuan tentang persiapan perangkat pembelajaran dan materi pembelajaran. Dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran kadangkala terdapat persebadaan secara teknis antara pembekalan yang dilakukan oleh kampus dengan sekolah. Adanya perkembangan kurikulum yang terjadi di sekolah menengah  (Kurikulum 2013 revisi 2017) seringkali tidak diikuti dengan seksama oleh pihak kampus.
Dari segi materi, mahasiswa PPL merasa kesulitan melakukan sinkronisasi materi pelajaran yang diterima di kampus dengan materi pada sekolah menengah. Materi kuliah biasanya lebih tinggi dan mempunyai bahasa buku teks sehingga ada beberapa mahasiswa yang merasa kesulitan menyesuaikan materi ini dengan konteks “buku paket”
2.       Fasilitas sekolah untuk penyelenggaraan PPL
Sekolah penyelenggara sudah sewajarnya jika menyediakan fasilitas seperti sekretariat mahasiswa PPL, lapangan, dan fasilitas mengajar lainnya. Sekolah tertentu dengan keterbatasannya tidak memiliki fasilitas-fasilitas tersebut. Hal ini dirasakan dapat menghambat proses pembelajaran praktik mengajar.
C.      Penanggulangan Masalah
1.      Selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing dan guru pamong mengenai format RPP menurut kurikulum baru.
2.      Praktikan berusaha membuat RPP dengan baik dengan mempelajari kembali teori yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran serta mendiskusikannya dengan orang-orang yang telah memiliki kompetensi dibidang pendidikan khususnya seperti melakukan konsultasi langsung dengan guru pamong berkenaan dengan indikator, tujuan pembelajaran dan lembar informasi sehingga praktikan dapat mengimplementasikannya sesuai dengan RPP yang disusun.
3.   ketika fasilitas yang kurang memadai maka dilakukan modifikasi dalam proses mengajar.
BAB III
PEMBAHASAN
A.      Jurnal Harian Mahasiswa Dan Penilaian Program Pengalaman Lapangan
Form-1
JADWAL KEGIATAN MAHASISWA PPL
Hari/Tanggal
Pukul
Jenis Kegiatan
Keterangan
Senin, 11 September 2017
07.00 - 08.00
Upacara Bendera

Selasa, 5 september 2017
08.00 - selesai
Rapat dan Pembekalan PPL

Rabu, 6 september 2017
10.00 - selesai
Orientasi Lingkungan sekolah

Senin, 11 september 2017
10.40 - selesai
Orientasi mengenal pembuatan RPP

Rabu, 6 september 2017
Jam 11 keatas
Mengenal lingkungan sekolah /kelas







Form-2
PROGRAM KEGIATAN PPL DI SEKOLAH LATIHAN
No.
Program
Waktu (WITA)
Keterangan (Narasumber)
I.  
1.



2.
II.
1.
2.



.


.

Kegiatan mengajar
Observasi
a.     Mengenal lingkungan kelas
b.     Mengenal pembuatan RPP semester
c.     Mengobservasiguru pamong
Berlatih Mengajar (Mandiri)
Kegiatan Non Mengajar
Mengenal lingkungan sekolah
Mengenal pengelolah kurikulum
Mengenal pengelolah sekolah secara umum
Membantu pembuatan RPP
Mengikuti jum’at senam
Kegiatan Extrakurikuler
Escool
08.20 - selesai
10.40 - selesai

07.0009.20

10.30 - selesai
Setelah mengenal lingkungan sekolah


Setelah mengenal pengelola kurikulum
09.40 - selesai
07.00 – 08.00

02.00 - selesai

Siswa
Guru pamong
Guru pamong
Guru Pamong



Guru dan Pegawai
Guru



Guru dan Pegawai Sekolah
Guru Pamong
Guru , pegawai , dan siswa sekolah
Guru pamong


Makassar, 06 Januari 2018
           
Menyetujui,

Guru Pamong                                                            Mahasiswa
                                   
Sucipto S. Pd                                                             Ansar D
NIP: 196411101988031023                                       NIM: 093188761145


Mengetahui,



Kepala SMPN 23 Makassar                                     Dosen Pembimbing


Hj. Sarlina T, S. Pd, M. Pd                                      Suhardianto, S. Pd, M
NIP: 196304281985122004                                       NIDN: 0922118801   



Form-3
URAIAN KEGIATAN HARIAN MAHASISWA PPL
  Hari / Tgl / Waktu
Keterangan
TandaTangan
Senin, 11 September  2017 / 07.00 – 08.00

Rabu, 6 September 2017 Dan Hari-Hari Berikutnya

Rabu, 6 September 2017


Rabu, 6 September 2017
Ø Mengikuti upacara bendera dirangkaikan dengan penerimaan Mahasiswa PPL di SMP Negeri 23 Makassar
Ø Berkenalan dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pamong, guru-guru pengajar dan staf sekolah yang lainnya.
Ø Pengenalan lokasi sekolah, gedung sekolah, ruangan-ruangan (ruang kelas, dan ruangan-ruangan pendukung lainnya).
Ø Mengkonsultasikan  kepada guru pamong tentang tugas seorang guru, tata tertib sekolah baik tata tertib guru, maupaun staf sekolah lainnya. Serta tata tertib siswa dan mahasiswa sebagai calon guru yang sedang praktek mengajar.

Rabu, 6 September 2017

Senin, 18 September 2017 / 10.30 - Selesai


Senin, 11 September 2017 / 08.20 – 10.20 ,
 Kamis 14 September 2017 / 07.00 / 09.20
Senin, 11 September 2017 / 11.10 – Selesai Makan

Ø Mengenal administrasi dan pengelolaan sekolah secara umum.
Ø Mengenal pengelolaan perpustakaan

Ø Mengenal pengelolaan bimbingan belajar melalui pendampingan peserta PPL lainnya
    dikelas VII-4 dan
   
    dikelas VII-6.

Ø Observasi kantin sekolah




Rabu, 6 September 2017/11.00 - Selesai
Senin, 18 September 2017 / 08.20 -10.20
Senin , 11 September 2017 / 10.30 – Selesai
Ø Pendampingan kembali peserta PPL
Ø Berlatih mengajar (terbimbing) bersama guru pamong di kelas VII - 4
Ø Observasi latihan mengajar terbimbinsg dikelas.

Ø Konsultasi batasan  materi ajar  pada  kelas VII-4 dan mengisi daftar hadir.

Senin, 11 September  -Kamis,  30 November 2017

-
Ø Mengisi daftar hadir mahasiswa PPL.

Ø Melatih belajar terbimbing bersama dengan guru pamong dikelas VII – 6

Senin, 18 September 2017 / 07.00 – 08.00
Selasa , 5 September 2017 / 13.Siang - Selesai




Ø Upacara bendera.

Ø Rapat bersama seluruh peserta PPL  membahas tentang pembagian Koordinator pengklarifikasian  petunjuk pengisian buku jurnal PPL.





JADWAL KEGIATAN MENGAJAR  MAHASISWA PPL SMP NEGERI 23 MAKASSAR
NO.
Jadwal
Kelas
Jam
Keterangan
1.
Senin, 11 september 2017
VIII 6
08:40-10:20
Hadir
2.
Senin, 18 september 2017
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
3.
Senin, 25 september 2017
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
4.
Senin, 02 oktober 2017
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
5.
Senin, 09 oktober 2017
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
6.
Senin, 16 oktober 2017
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
7.
Senin, 23 oktober 2017
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
8.
Senin, 30 oktober 2017
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
9.
Senin, 06 november 2017
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Izin
10.
Senin, 13 november 2017
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
11.
Senin, 20 november 2017
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
12.
Senin, 27 november 2017
VIII 6 dan VIII 7
08:20-10:20 dan 10:40-12:40
Hadir
















Form-4
CATATAN DOSEN PEMBIMBING
Hari/Tanggal
Uraian
Tanda Tangan

























































Form-5
Catatan Guru Pamong
Hari/Tanggal
Uraian
Tanda Tangan



































































Form-6
Catatan Mahasiswa
Hari/Tanggal
Uraian
Tanda Tangan

.







B.       Kegiatan Observasi Orientasi Di Sekolah Latihan
1.         Jenis Kegiatan
Observasi dilakukan pada selama dalam proses ppl sampai minggu terakhir ppl
2.         Waktu Pelaksanaan
Awal pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) di SMP Negeri 23 Makassar ; Rabu, 6 September 2017/ dan penarikan mahasiswa dari kampus Senin, 4 Desember 2017/ . Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan (sembilan puluh hari kerja).
3.         Pembimbing
a.    Dosen pembimbing mengantar mahasiswa asuhannya ke sekolah dan memperkenalkan mereka kepada kepala sekolah dan guru pamong serta menjelaskan tugas-tugas yang akan dikerjakan.
b.    Pelaksanaan  kegiatan selanjutnya di koordinasikan oleh guru pamong dan koordinator .



C.      Nama Sekolah, Lokasi Sekolah, Visi dan Misi Sekolah
Nama Sekolah                  : SMP Negeri 23 Makassar
Alamat Sekolah               : JL.Paccinang Raya II NO.35 B Tello Baru
Ø   Kecamatan        : Panakkukang
Ø   Kota                   : Makassar
Ø   Provinsi              : Sulawesi Selatan
Ø   NPSN                 : 40307328
Ø   Telepon              : 445388
NSS / NSB                       : 201196010172
Status Sekolah                 : Negeri
Sekolah Di Dirikan          : 22 Desember 1986
No.Kode Sekolah             : 516827






VISI           :
Mewujudkan insan yang bertaqwa, berbudaya, berprestasi dan cinta lingkungan

MISI          :        
1.         mengamalkan nilai - nilai agama serta berperilaku akhlakul karimah
2.         terwujudnya budaya disiplin pada warga sekolah
3.         menanamkan semangat kepedulian sosial dan nasionalisme
4.         melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan
5.         menumbuhkan semangat berprestasi kepada seluruh warga sekolah
6.         mengembangkan bakat  dan minat peserta didik
7.         meningkatkan kemampuan warga sekolah dalam iptek
8.         terlaksananya kegiatan ekstra kurikuler
9.         menghasilkan siswa yang berprestasi
10.     meningkatkan kesadaran  warga sekolah dalam kesehatan dan peduli lingkungan
11.     terwujudnya lingkungan yang berseri

TUJUAN UMUM :
meletakkan dasar iman dan  taqwa, berbudaya dan berkepribadian dengan dasar kecerdasan, pengetahuan, keterampilan untuk hidup mandiri dalam mengikuti pendidikan selanjutnya







 BAB IV
KEGIATAN OBSERVASI ORIENTASI DISEKOLAH

KEGIATAN 1
BERKENALAN DENGAN PIMPINAN SEKOLAH, GURU PAMONG, GURU - GURU LAIN DAN STAFF TATA USAHA SEKOLAH

1.    Nama Pimpinan Dan Guru - Guru
NO
NAMA / NIP
GURU BIDANG STUDI
IJASA / JURUSAN THN. SEJAK DI ANGKAT JADI GURU / PEGAWAI HINGGA SEKARANG

KET.TENTANG STATUS GURU /PEGAWAI

1
Hj. Sarlina T, S.Pd.,M.Pd
19630428 198512 2 004
Bhs.Inggris
Ø  D2/A2 B. Inggris 1985
Ø  S1/A4 B. Inggris1998
Ø  S2 B. Inggris 2004
KEPSEK
2
Dra. Hj.Nur Sayang
19581231 198403 2 041
Bhs.Indonesia
Ø  SM.Adm.Negara 1980
Ø  S1 Ilmu Administrasi 1986
Guru
3
Dra. Hj.Fatmawati
19610515 198303 2 024
Bhs.Inggris
Ø  D.II/A.II Bhs.Inggris 1982
Ø  S1/A.IV Bhs.Inggris 1988
Guru
4
Winarti Widiastuti, S.Pd
19720918  199403 2 005
Matematika
Ø  D.III/A.III Mat. 1993
Ø  S1/A.IV Mat 2002
Guru
5
Dra. Fatimah
19600629 199902 2 003
Agama Islam
Ø  S1 Tarbiya 1986
Guru
6
Thomas, S.Pd
19580621 198003 1 008
Sejarah
Ø  STM Mesin 1977
Ø  PGSMTP Sejarah 1997
Guru
7
Maria Sorong. P . S.Pd
19600616 198111 2 002
Bhs.Indonesia
Ø  D1/A1 B.Indo 1981
Ø  S1/A4 B,Indo 2000

Guru

8

Dra. Hj.Hamida, M.M.Pd
19590808 198403 2  008
Fisika


Ø  D1/A1 IPA 1983
Ø  S1/A1 Fisika 1992
Ø  S2/Manaj. Pendidikan 2011
Guru

9

Mumalik Ali, S.Pd, M.M.Pd
19610420 198403 1 006
Fisika

Ø  D1/A1 O tomotif 1983
Ø  S1/ Fisika 2003
Ø  S2 Manaj. Pendidikan 2011
Guru
10
H. Mansur, S.Pd, M.M.Pd
19650909 198803 1 016
Ekop
Ø  D.III/A.III Koperasi 1987
Ø  S1/A.IV Ekop 1999
Ø  S2/Manaj, pendidikan 2010
Guru
11

Ni Wayan Ridani, S.Pd, M.
M.Pd
19650929 198803 2 015
KTK
Ø  D2/A2 Seni Tari 1987
Ø  S1/A.IV Seni Tari 1998
Ø  S2 Manaj. Pendidikan 2010
Guru
12
Sitti Asriani Bennu
19651231 198803 2 150
Bhs.Indonesia
Ø  D3/A3 B.Indo 1987
Guru
13
Drs. Burhanuddin Andi.M
19621231 198903 1 143
Bhs.Indonesia
Ø  S1/A4 Bhs. & Sastra Indo
Guru
14
Sucipto, S.Pd
19641110 198803 1 023
Penjaskes
Ø  D.II/AII Orkes 1987
Ø  S1/A.IV Orkes 1996
Guru
15
Rohmadi, S.Pd
19611210 198703 1 016
Bhs.Indonesia
Ø  D2/A2 B.Indo 1986
Ø  S1/A4 B.Indo 2002
Guru
16
Hj.Besse Nadira, S.Pd
19710418 199401 2 003
Matematika
Ø  D.III/A.III Matematika 1993
Ø  S1/A.IV Matematika 1999
Guru
17
Nety Barung, S.Pd
19680614 199803 2 005
Biologi
Ø  S1/A.IV Biologi 1994
Guru
18
Rosnawati, S.Pd
19631010 198512 2 005
Bhs.Indonesia
K R T
Ø  D.II/A.II P K K 1984
Guru
19
Dra.Hj. Jumrita Maro, M.M.Pd
19661012 199703 2 002
Ekop
Ø  S1/A.IV Koperasi 1990
Ø  S2 Manaj. Pendidikan 2011
Guru
20
Hj.St. Rahmatiah  A ,S.Pd
19601231 198703 2 069
PPKN
Ø  S. Muda Civhukum 1986
Ø  S1 IPS 2009
Guru
21
Nur Ratna, S.Pd.I
19601231 198303 2 149
Agama Islam
Ø  S.M Usuluddin 1981
Ø  S1/A.IV Pend. Agama Islam
Guru
22
Kasmawati, S.Pd
19641231 198703 2 179
Bhs.Inggris
Ø  D.II/A.II Bhs.Inggris 1986
Ø  S1/A.IV Bhs.Inggris 1998
Guru
23
Hj. Rohani, S.Pd
19680507 199412 2 007
IPS
Ø  D.III/A.III IPS 1992
Ø  S1/A.IV IPS 2007
Guru
24
Nabsam Syamsuddin, S.Pd
19650502 199303 1 013
Biologi
Ø  D.III/A.III Biologi 1991
Ø  S1/A.IV Biologi 2001
Guru
25
St. Hadijah Wahid , S.Pd
19620301 198403 2 011
Fisika
Ø  DII/AII IPA 1983
Ø  S1/A.IV Pend.Biologi
Guru

26
Hj. Hajriah, S.Pd.,M.Pd
19730528 200012 2 004
Bhs.Indonesia
Ø  S1/A.IV Bhs.Indonesia 1998
Ø  S2 Bhs.Indonesia 2006
Guru
27
Hj.Ratna. Z , S.Pd
19621231 198512 2 044
K R T
Ø  D2/A2 K R T 1985
Ø  S1/A4 Seni Rupa 1998
Guru
28
Sitti Habriah, S.Pd.,M.Pd
19750606 199903 2 012
Bhs.Inggris
Ø  S1/A.IV Bhs.Inggris 1998
Ø  S2/ Manaj. Pendidikan 2011
Guru
29
Supriani, S.Pd
19611225 198703 2 014
Bhs.Inggris
Ø  PGSMTP Thn 1986
Ø  S1/A.IV Bhs.Inggris 2002
Guru
30
Ratna Sari Dewi, S.Pd
19671220 199103 2 008
Bhs.Indonesia
Ø  D.II/A.II Bhs.Daerah 1990
Ø  S1/A.IV Bhs.Indonesia 2002
Guru
31
Mas’ati, S.Pd
19700615 199412 2 002
PKN
Ø  IV/A.IV Pend.PKN
Guru
32
Nuraeni, S.Pd
19720715 199903 2 013
Biologi
Ø  S1/A.IV Biologi 1998
Guru
33
Hanna Rieni , S.Pd
19670609 199412 2 006
Biologi
Ø  D.III/A.III Biologi 1991
Ø  S1/A.IV Biologi 2006

Guru
34
Paharuddin Yahya, S.Pd
19641212 198512 1 002
Sejarah
Ø  D.II/A.II IPS 1985
Ø  S1/A.IV Sejarah 1997
Guru
35
Hj. Husni, S.Pd
19641231 198411 1 017
IPS
Ø  S1/A.IV IPS 2008
Guru
36
Hj. Halima, S.Pd
19600802 198403 2 005
Matematika
Ø  D.II/A.II Matematika 1983
Ø  D.III/A.III Matematika 2001
Guru
37
Hj. Hamdana Akhmad, BA
19601111 198103 1 016
Bhs.Indonesia
Ø  SM / Bhs. Indonesia 1984
Guru
38
Hastinah Hamzah, S.Pd
19670605 200012 2 002
PKN
Ø  IV / PKN
Guru
39
Marliah, S.Pd
19700301 199203 2 013
Bhs.Indonesia
Ø  D.II/A.II B,Daerah 1991
Ø  S1/A.IV Bhs.Indonesia 2002
Guru
40
Meilda, Spak, M.Pdk
19700509 200003 2 001
Ag.Kristen
Ø  S1/A.IV Ag.Kristen 1993
Ø  S2 Ag. Kristen 2012
Guru
41
Emiliyawati, S.Pd.,M.Pd
19770713 200312 2 010
Penjaskes
Ø  S1/A.IV Penjaskes 2000
Ø  S2 Penjaskes 2010
Guru
42
Insana Rauf, S.Pd
19730818 200502 2 001
Biologi
Ø  S1/A.IV Biologi 1998
Guru
43
Suriama Yaman, S.Pd
19720902 200701 2 011
Bhs.Inggris
Ø  S1/A.IV Bhs.Inggris
Guru
44
Sitti Roslina, S.Pd
19730110 200701 2 017
Matematika
Ø  S1/A.IV Matematika
Guru
45
Andriani, S.Si
19771221 200801 2 015
Matematika
Ø  S1/A.IV Matematika
Guru
46
Andi Rachma Aris, S.Pd
19820421 200902 2 006
Matematika
Ø  S1/A.IV Matematika
Guru
47
Kasmah, S.Pd
19740531 200903 2 002
BK
Ø  STKIP Muhammadiyah Barru
BP
48
Hj. Nuraini, S.Ag
19740212 200801 2 011
Ag.Islam
Ø  S1 UMI Makassar
Guru
49
St. Zaenab
19730123 201001 2 003
Seni Budaya
Ø  S1 IKIP U. Pandang
Guru
50
Abd. Syukur, ST
19702903 201407 1 001
Komputer
Ø  S1 Teknik Mesin 1998
Guru
51
Husnah Muhammad, S.Pd
Komputer
Ø  S1/A.IV Bhs.Inggris
GTT

52
Sunarwati, S.Pd
BK
Ø  S1/A.IV Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan
GTT
53
Kiki Puspita, S.Pd
Penjaskes
Ø  S1/A.IV Pendidikan Kepelatihan  olahraga
GTT
54
Nini Nursanti, S.Pd
Seni Tari
Ø  S1/A.IV Seni Tari 2013
GTT
55
Fatmawati, S.Pd
IPS
Ø  S1/A.IV Sosiologi 2011
GTT
56
Maria Ririn Mantrisari, S.Pd
Bhs.Inggris
Ø  S1/A.IV Bhs.Inggris 2016
GTT
57
Andi Febriana Safitri
BK
Ø  S1/A.IV BK 2016
GTT
58
Hj. St. Rahimah, S.Sos
19591231 198203 2 158
-
Ø  SMKK.T.L Pakaian 1977
Ø  Amd. Negara 2003

KTU


59

Moh.Hamsyur Hamid, SE
19630301 198803 1 027

-
Ø   
Ø  SMA. IPS 1983
Ø  S1/A.IV Manaj.Persh 1992

Pel. T. Usaha
60
Hj. Hasnah, SE
19610409 198203 2 005
-
Ø  SD 1974
Ø  S1/A.IV Manajemen 2010
Pel. T. Usaha
61
Hj. Sutria,SE
19620402 198303 2 020
-
Ø  SMEA T. Buku 1980
Ø  S1/A.IV Manajemen 2012
Pel. T. Usaha
62
Ruhani, S.Sos
19691108 199101 2 003
-
Ø  SMEA. Perk. 1988
Ø  S1/Adm.Neg 2003
Pel. T. Usaha
63
Darmais . SE
19680905 198803 1 004
-
Ø  SMA. IPA 1986
Ø  S1/Ekonomi 2013
Pel. T. Usaha
64
Hj. St. Hafsa
19631205 198703 2 016
-
Ø  SMP 1979
Ø  S1. Sos 1991
Pel. T. Usaha
65
Suarni
19671231 198803 1 004
-
Ø  SMA. IPS 1986
Pel. T. Usaha
66
St. Gustiah. SE
19680812 199310 2 005
-
Ø  SMA. IPA 1988
Ø  S1 Ekonomi 2013
Pel. T. Usaha
67
Abdi
19780905 201407 1 006
-
Ø  SMEA Perkantoran 1996
Ø  S1 Akutansi 2013
Pel. T. Usaha
68
Nobertus Busa, S.IF
-
Ø  S1 Ilmu Filsafat
PTT

2.    Manfaat  yang saya peroleh dalam perkenalan ini :
Ø  Memahami dan mengetahui kondisi sekolah
Ø  Dapat mengenal dan menjalin silaturrahim dengan kepala sekolah, guru-guru, dan staf tata usaha    sehingga memudahkan kami ...



KEGIATAN II
Mengenal Lokasi Sekolah, Ruang Kelas, Kantor, Dan Fasilitas

Nama Dan Lokasi Sekolah
Nama Sekolah        :         SMP Negeri 23 Makassar
Alamat Sekolah      :        Jl.Paccinang Raya II No.35 B Tello Baru

1.    Gedung dan Bangunan Sekolah
No
Jenis Ruangan, Gedung dan Lain-Lain
Jumlah
Keterangan
1
Ruang Belajar
24 Ruang
Baik
2
Ruang Kepala Sekolah
1 Ruang
Baik
3
Ruang Guru
1 Ruang
Baik
4
Ruang Tata Usaha
1 Ruang
Baik
5
Ruang Perpustakaan
1 Ruang
Baik
6
Ruang Laboratorium TIK
1 Ruang
Baik
7
Ruang Laboratorium IPA
1 Ruang
Baik
8
Ruang Praktek
-

9
Ruang Bengkel
-

10
Ruang Olahraga
1 Ruang
Baik
11
Ruang Mushallah
1 Ruang
Baik
JUMLAH
32 Ruang





Kelas
1
KELAS VII
8 Ruang
2
KELAS VIII
10 Ruang
3
KELAS 1X
10 Ruang
JUMLAH
28 Ruang

Tanah
1
LUAS BANGUNAN
1.827 m²
2
LUAS  LAHAN
2000 m²
3
LUAS  KEBUN SEKOLAH’
-  

2.    Manfaat apa yang dapat saudara peroleh dengan kegiatan pengenalan gedung dan fasilitas sekolah ini :
Ø  Setelah melakukan observasi pada gedung dan fasilitas di SMP Negeri 23 Makassar saya dapat memperolah tentang informasi dari gedung dan fasilitas di sekolah ini dan bermanfaat untuk penelitian selanjutnya

KEGIATAN III
Mempelajari Tugas-Tugas Guru Di Sekolah, Tata Tertib Sekolah Untuk Guru Maupun Untuk Siswa
Tata Tertib Guru SMP Negeri 23 Makassar
1.         Berpakaian seragam / rapi sesuai ketentuan yang di tetapkan
2.         Bersikap dan berperilaku sebagai pendidik
3.         Berkewajiban menyiapkan administrasi pengajaran, alat-alat dan bahan pelajaran dan mengadakan ulangan secara tertulis
4.         Wajib hadir di sekolah  10 menit sebelum mengajar
5.         Wajib megikuti upacara bendera setiap hari senin bagi guru
6.         Wajib mengikuti rapat-rapat yang diselenggarakan sekolah
7.         Wajib melapor pada guru piket jika terlmbat
8.         Wajib memberitahukan kepada kepala sekolah atau guru piket bila berhalangan hadir dan memberikan tugas atau bahan pelajaran  untuk siswa
9.         Wajib menandatangani daftar hadir dan mengisi agenda kelas
10.     Mengkoordinasikan / menertibkan siswa saat akan belajar
11.     Wajib melapor kepada kepala sekolah / guru piket jika akan melaksanakan kegiatan diluar sekolah
12.     Selain mengajar juga memperlihatkan siuasi kelas mengenai 8 K dan membantu menegakkan tata tertib siswa
13.     Tidak diperbolehkan menyuruh siswa menulis daftar nilai
14.     Tidak diperbolehkan memulangkan siswa tanpa izin guru piket atau kepala sekolah
15.     Tidak diperbolehkan menggunakan waktu istrahat untuk ulangan / kegiatan lain didalam kelas
16.     Memberikan sangsi kepada siswa yang melanggar tata tertib yang bersifat mendidik dan menghindari hukuman fisik yang berlebihan
17.     Tidak merokok didalam kelas
18.     Menggunakan tatap muka minimal 15 menit untuk melakukan  pembinaan akhlaq terhadap siswa
19.     Wajib menjaga kerahasiaan jabatan
20.     Wajib menjaga citra guru, sekolah dan citra pendidik






Tata Tetib Peserta Didik SMP Negeri 23 Makassar
Pendahuluan
Bahwa sesunggunya tata tertib siswa bukan lah sekedar kelengkapan  sekolah , tetapi merupakan bagian dari kehidupan siswa itu sendiri. Tata tertib siswa SMP Negeri 23 Makassar di susun secara kondisional berdasarkan  keputusan  Dirjen Nomor 129/C/Kep/91 Tentang “ pedoman penggunaan dan pengembangan kesiswaan bagi SMP dan SMA dalam lingkungan pembinaan dirjen Dikdasmen melalui usaha meningkatkan ketahanan sekolah dalam rangka mengembangkan sekolah sebgai pusat pendidikan : maka sehubungan dengan hal tersebut disusunlah pedoman tata tertib sekolah sebagai berikut :
Azaz Umum
Tiap Siswa Wajib   :
1.        Senantiasa menjunjung tinggi sopan santun dimanapun berada
2.        Sebagai warga negara yang berpendidikan dan berjiwa nasional agar senantiasa memberi contoh dalam hal :
a.    Takwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b.    Taat Kepada Hukum Dan Undang Undang Negara
c.    Patuh Pada Tata Tertib Dan Peraturan Sekolah
d.    Hormat Kepada Orang Tua, Bapak, Ibu Guru, Teman Dan Masyarakat
3.        Memiliki rasa persatuan dan kesatuan dan rasa kekeluargaan
4.        Dapat menjadi teladan di lingkunga masyarakat
Tugas Dan Kewajiban
Untuk pembinaan dan ketahanan sekolah maka siswa mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :
I.         Intra Kurikuler
A.  Jam Pelajaran
Ø  Siswa yang terlambat datang, boleh mengikuti pelajaran setelah mendapat  izin dari kepala sekolah / wakil kepala sekolah / guru BK dengan menyampaikan alasan yang dapat di terima
Ø  Untuk menjaga kemungkinan yang tidak di harapkan siswa di wajibkan membawa kartu pengenal / kartu OSIS sekolah
Ø  Pada jam pelajaran berlangsung siswa wajib menjaga keamanan kelasnya, dilarang berada diluar kelas atau mondar – mandir sehingga dapat mengganggu kelas lain
Ø  Pada waktu perpindahan jam pelajaran siswa tetap berada dalam kelas
B.  Waktu Tidak Ada Jam Pelajaran
Ø  Pada waktu jam istirahat siswa berada di luar kelas, tetapi di larang meninggalkan lingkungan sekolah tanpa izin
Ø  Apabila guru berhalangan siswa tetap tinggal di dalam kelas
C.  Meninggalkan Sekolah
Ø  Siswa yang akan meninggalkan sekolah (izin) harus menghadap kepada kepala sekolah / wakil kepala sekolah / BK paling lama 3 (tiga) hari, sedangkan siswa yang sakit lebih dari 2 hari harus menyertakan keterangan dokter
Ø  Siswa yang meninggalkan sekolah selama 1 (satu) minggu berturut-turut tanpa pemberitahuan, maka dianggap telah mengundurkan diri / keluar
II.      Ekstra Kurikuler Dan Osis
Ø  Setiap siswa wajib menjadi anggota OSIS
Ø  Setiap siswa wajib mengikuti sala satu kegiatan ekstrakurikuler yang di selenggarakan oleh sekolah sesuai dengan minatnya masing-masing
Ø  Setiap siswa dianjurkan mengikuti tabungan makassar Student Smart Card
III.   Keamanan , Kebersihan , Ketertiban , Keindahan ,
Kerindangan, Kekeluargaan, Dan Kesehatan (7 K)
A.  Gedung Sekolah Halaman Dan Peralatannya
Ø  Setiap siswa wajib menjaga keamanan, kebersihan, keindahan lingkungan sekolah serta menjain kekeluargaan di antara warga sekolah
Ø  Setiap siswa wajib menjaga dan memelihara fasilitas sekolah, termasuk taman bunga
Ø  Setiap siswa dilarang  keras mencoret meja, kersi, tembok dinding gedung sekolah
Ø  Siswa dilarang membawa HP dalam lingkungan sekolah
B.  Cara Berpakaian Dan Berdandan
Ø  Setiap siswa wajib berakaian seragam sekolah sesuai dengan ketentuan sekolah lengkap dengan Astribut sekolah yang berlambang SMP Negeri 23 Makassar
Ø  Hari sabtu memakai pakaian seragam pramuka
Ø  Ikat pinggang hitam polos dengan berlogo OSIS
Ø  Sepatu / tali hitam polos
Ø  Kaos kaki putih polos diatas ± 20 cm diatas mata kaki
Ø  Setiap upacara bendera semua siswa wajib memakai pakaian seragam sekolah
Ø  Pada waktu olahraga siswa wajib menggunakan seragam olahraga yang di tentukan
Ø  Bagi siswa laki-laki wajib mencukur rambut dengan ketentuan ( bagian atas 1 cm bagian samping kanan kiri ½ cm ) dan tidak pirang
Ø  Untuk siswa perempuan tidak di benarkan memakai kutex dan lipstick (lipglos), memakai perhiasan yang berlebihan serta rambut pirang, celana ketat dan baju jangkis
Ø  Kuku harus di potong pendek
C.  Upacara
Ø  Setiap siswa wajib mengikuti upacara bendera dengan tertib, hikmat, dan lancar
Ø  Setiap hari senin dan hari besar nasional upacara dilakukan pada pagi hari
Ø  Setiap hari sabtu upacara penurunan bendera di lakukan sore hari
Ø  Setiap hari sabtu siswa wajib  mengikuti senam (SKJ) dan sabtu bersih
D.  Lain – Lain
Ø  Siswa yang bersepeda agar diparkir secara teratur dan tertib
Ø  Siswa dilarang menggunakan sepeda motor ke sekolah
Ø  Siswa dilarang keluar pekarangan dengan cara melompat pagar
Ø  Setiap siswa wajib menjaga nama baik sekolah dimanapun berada
Ø  Setiap siswa dilarang membawa rokok / merokok
Ø  Setiap siswa dilarang membawa barang - barang terlarang disekolah antara lain  senjata tajam, narkoba, minuman keras, majalah, gambar, dan foto porno dan media cetak  porno
Ø  Siswa dilarang menjadi anggota suatu geng yang dapat mengganggu ketertiban sekolah
Ø  Setiap siswa dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengganggu ketertiban sekolah
Ø  Siswa dilarang berkelahi baik secara perorangan ataupun berkelompok baik dilingkungan sekolah ataupun di luar sekolah
Ø  Siswa dilarang melakukan tindak pidana pencurian / kriminnal yang dilakukan di sekolah ataupun di luar sekolah
E.  Sanksi
Semua siswa berkewajiban  mentaati tata tertib sekolah bagi yang melanggar akan diberikan sanksi sebagai berikut :
1.      Peringatan secara lisan langsung kepada siswa yang bersangkutan
2.      Peringatan secara tertulis kepada siswa yang bersangkutan tembusan kepada orang tua  / walinya
3.      Siswa tidak boleh mengikuti pelajaran untuk sementara
4.      Diskorsing untuk jangka waktu yang ditentukan (setelah membuat pernyataan yang diketahui orang tua / wali siswa yang bersangkutan)
5.      Diserahkan kembali kepada orang tua /walinya dan dikeluarkan dari sekolah
6.      Masalah yang ditimbulkan dalam media sosial diluar tanggung jawab sekolah
F.   Penghargaan
Penghargaan siswa dengan penuh kesadaran dan dan keikhlasan mematuhi / melaksanakan tata tertib tersebut diatas berdasarkan ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh sekolah ( kelompok guru penilai ) akan diberikan penghargaan berupa :
Ø  Piagam penghargaan
Ø  Hadiah
Ø  Dan lain  - lain
G.  Penutup
Demikian tata tertib ini dibuat untuk diketahui sebagai bukti persetujuan dan kesediaan untuk mematuhi tata tertib ini, maka setiap siswa bersama orang tua/walinya menandatangani surat pesetujuannya dalam SURAT PERNYATAAN

Demikianlah tata tertib ini dibuat untuk diketahui sebagai bukti persetujuan dan kesediaan untuk  mematuhi .

                                                                               Makassar ,  Januari 2018
Kepala SMP Negeri 23 Makassar


HJ.SARLINA T. S.Pd.,M.Pd
Pangkat. Pembina Tk I
NIP.19630428 198512 2 004


Lembaran Observasi Kegiatan Belajar Mengajar
Nama Sekolah                           : SMP Negeri 23 Makassar
Kelas                                         : VII1 – 6  Dan VII1 – 7 ,
Jam Pelajaran                           : Senin, 07.20 – 10.20 / 10.40-12.4
Mata Pelajaran                          : PJOK
Hari /Tanggal                            : Senin, 11 September 2017
A.      Kegiatan Pendahuluan
1.        Ketika masuk kelas yang dikerjakan guru adalah :
Ø  ucapkan salam atau selamat pagi kepada peserta didik
2.        Guru membuka pelajaran dengan cara:
Ø  Guru membariskan peserta didik mennjadi 4 bersyaf atau membentuk setengah lingkaran
Ø  Guru atau siswa memimpin doa dilanjutkan dengan mengabsen
Ø  Guru harus memastikan bahwa semua peserta didik dalam keadaan sehat
Ø  Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin aktifitas pemanasan
Ø  Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari
Ø  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik setelah proses pembelajara (seperti yang tercantum dalam indikator ketercapaian kompetensi)
3.        Apakah cara membuka pelajaran tersebut sesuai dengan materi yang akan disajikan; berikan alasan :
Ø  iya sesuai , sebab materi yang saya ajarakan saya  akan  sesuaikan dengan cara saya membuka pelajaran dari awal
4.        Berapa menit tahap pendahuluan ini berlangsung ?
Ø  15 menit
5.        Bagaimana perhatian siswa terhadap guru ?
Ø  Sebagian besar siswa memperhatikan guru, adapula yang tidak memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi yang di ajarkan
B.       Kegiatan Inti
1.        Bagaimana cara guru menyajikan materi pokok pelajaran ?
Ø  Menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan di ajarkan
Ø  Kemudian memberi contoh gerakan yang akan di lakukan dengan cara mengambil 1 siswa untuk melakukan gerakan tersebut agar peserta didik mudah memahami gerakannya
Ø  Setelah itu semua peserta didik harus melakukan gerakan / permainan
Ø  Materi yang di ajarkan di modifikasi dalam bentuk permainan agar peserta didik tidak merasa jenuh dalam pembelajaran
2.        Selama pelajaran berlangsung berapa kali guru bertanya kepada siswa?
Ø  Di atas 4 kali
3.        Berapa orang siswa yang mendapat kesempatan mendapat pertanyaan guru?
Ø  Hampir semua siswa namun siswa tidak ingin menjawab atau memiliki perasaan takut dan malu pada saat guru bertanya
4.        Selama pelajaran berlangsung, apakah ada :
a.    Siswa yang mengajukan pertanyaan?
Ø Ada, yang mengajukan pertanyaan yang mereka kurang mengerti / pahami mengenai materi pembelajaran dan cara melakukan gerakannya
b.    Siswa yang mendapat kesulitan belajar, jika ya, bagaimana cara guru membantunya
Ø Ada yang kesulitan pada saat praktek , karena postur tubuhnya sangat kecil
Ø Cara membantunya sebagian pembelajaran dia ikuti secara normal dan adapula yang di modifikasi
c.    Adakah siswa yang mengganggu kelas, jika ya, bagaimana cara guru mengatasinya
Ø  Ada, cara guru mengatasinya peserta didik di beri hukuman push up atau di beri arahan agar dapat mendengar pelajaran dengan baik
d.    Secara umum, bagaimana perhatian siswa terhadap pelajaran yang disajikan guru ?
Ø  Peserta didik fokus mendengarkan materi ajar yang di ajarkan guru
e.    Berapa lama pelajaran berlangsung?
Ø  90 menit
C.      Penutup
1.        Apakah yang dilakukan untuk mengakhiri pelajaran?
Ø  Guru membuat kesimpulan dari materi
Ø  Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Ø  Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
Ø  Guru menugaskan sala satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
Ø  Mengucapkan salam
Ø  Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib , bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula
2.        Apakah yang dilakukan guru sebelum mengakhiri pelajaran untuk pindah kepelajaran lain atau istirahat ?
Ø  Tindak lanjut dan penjelasan materi minggu depan
3.        Berapa menit bagian penutup ini berlangsung ?
Ø  15 menit








BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari  pengalaman selama PPL yang dilaksanakan selama Lebih kurang tiga bulan sejak tanggal 06 september 2017 sampai 04 desember 2017 kami menyimpulkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa PPL jika dilakukan dengan serius dan baik. Karena dengan adanya PPL mahasiswa mendapatkan berbagai pengalaman terutama pengalaman dalam kegiatan belajar dan mengajar sesungguhnya dan bagaimana cara menjadi guru yang berpotensi, berintegrasi dan propesional . dalam PPL inilah semua Teori dan praktik yang pernah didapatkan selama kuliah diterapkan secara langsung di sekolah.
Untuk menjadi seorang guru yang profesional tidak hanya dibutuhkan kecerdasan intelegensi dan emosional saja, tetapi ada yang lebih penting, yaitu kecerdasan spritual yaitu bertindak sesuai dengan suara hati,karena tugas seorang guru bukan hanya menyampaikan materi saja, tetapi yang lebih penting dari semua itu adalah tugas sebagai pendidik yang memiliki peranan penting dalam membentuk jiwa peserta didik untuk menjadi manusia yang berkepribadian luhur dan bertanggung jawab.

B.     Saran
Sebelum belajar mengajar dimulai seorang guru perlu melakukan siraman rohani untuk menambah motivasi belajar siswa,perlunya melakukan pengulangan terhadap materi sebelumnya beberapa menit dan pembahasan soal yang sulit.
Ada baiknya PPL dilaksanakan selam 4 sampai dengan 5 bulan, Agar Lebih mendalam lagi dalam penerapan teori dan pengalaman yang diperoleh.

 



DAFTAR PUSTAKA
Anthycomel, 2014, pendahuluan laporan PPL, di askes tanggal 30 desember 2017, (https://www.slideshare.net/anthycomel/pendahuluan-17185467)
Sanbensungsenu, 2015, laporan PPL individu, di askes tanggaal 30 desember 2017, (http://sanbensungsenu.blogspot.co.id/2015/05/laporan-ppl-individu.html)
Ferakomalasari, 2014, laporan-praktik-pengalaman-lapangan-ppl-smp-negeri-1-kuripan, di askes tanggal 06 januari 2018, (https://ferakomalasari.wordpress.com/2014/04/22/laporan-praktik-pengalaman-lapangan-ppl-smp-negeri-1-kuripan-periode-20132014)
Ainwara, 2016, contoh-laporan-praktek-pengalaman, di askes tanggal 06 januari 2018, (http://ainwara.blogspot.co.id/2016/07/contoh-laporan-praktek-pengalaman.html)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP PENJAS LARI JARAK PENDEK SMP KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISI 2017

RPP SENAM LANTAI KURIKULUM 2013 REVISI 2017

RPP PENJAS PERMAINAN BOLA KASTI KURIKULUM 2013 REVISI 2017