RPP PENJAS LARI JARAK PENDEK SMP KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISI 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                    :    SMP Negeri 23 Makassar
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester       :    VIII  / Satu
Materi Pokok           :    Lari Jarak Pendek
Alokasi Waktu         :    ( 1 x Pertemuan ) 3 JP


A.    Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompentensi
KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompentensi
1.       
3.3 Memahami konsep ketrampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar)

3.3.1     Mendiskusikan dan membuat kesimpulan gerak fundamental posisi badan/togok.
3.3.2     Mendiskusikan dan membuat kesimpulan gerak fundamental ayunan lengan.
3.3.3     Mendiskusikan dan membuat kesimpulan gerak fundamental langkah kaki.
3.3.4     Mendiskusikan dan membuat kesimpulan gerak fundamental mendarat.
3.3.5     Mendiskusikan dan membuat kesimpulan gerak fundamental  memasuki garis finis.
4.
4.3 Mempraktikkan teknik dasar  atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) menekankan gerak dasar fundamentalnya.
4.3.1  Mempraktikkan gerak 
           fundamental posisi badan/togok.
4.3.2  Mempraktikkan gerak 
           fundamental ayunan lengan.
4.3.3  Mempraktikkan gerak 
           fundamental langkah kaki.
4.3.4  Mempraktikkan gerak 
           fundamental mendarat.
4.3.5  Mempraktikkan gerak 
           fundamental memasuki garis
           finis.

C.    Tujuan Pembelajaran  
Tujuan pembelajaran KI 3 & KI 4
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
1.    Mendiskusikan dan membuat kesimpulan gerak fundamental posisi togok.
2.    Mendiskusikan dan membuat kesimpulan gerak fundamental ayunan lengan.
3.    Mendiskusikan dan membuat kesimpulan gerak fundamental ayunan kaki.
4.    Mendiskusikan dan membuat kesimpulan gerak fundamental mendarat.
5.    Mendiskusikan dan membuat kesimpulan gerak fundamental memasuki finis.
6.    Mempraktikkan gerak fundamental posisi badan/togok.
7.    Mempraktikkan gerak fundamental ayunan lengan.
8.    Mempraktikkan gerak fundamental  ayunan langkah kaki
9.    Mempraktikkan gerak fundamental mendarat.
10.    Mempraktikkan gerak fundamental memasuki finis

D.    Materi Pembelajaran 
1.      Materi Pembelajaran reguler
1.         Posisi badan/togok
2.         Ayunan lengan
3.         Ayunan langkah kaki
4.         Mendarat
5.         Memasuki garis finis

2.      Materi Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan serta diperuntukkan bagi peserta didik yang belum tuntas atau mencapai KKM Misalnya menggunakan gawang futsal dan juga lapangan yang diperkecil

3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitannya, misalnya ; faktor kesulitan dan peraturan serta strategi permainan sepakbola sesungguhnya.

E.     Metode Pembelajaran
            Pendekatan Scientific



F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
a.         Gambar : Prinsip gerakan lari jarak pendek
b.         Model : Peragaan oleh guru atau peserta didik yang sudah memiliki kemampuan melakukan prinsip lari jarak pendek
2.    Alat dan bahan
Alat yang dapat digunakan pada jalan cepat, sebagai berikut : 1) Ruang terbukayang datar dan aman/lapangan basket/voli, 2) Bendera start dan finish, 3) Cone ± 10 buah, 4) 2 buah stopwatch, 5) Pluit

G.    Sumber Pembelajaran
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan KesehatanSMP/MTs Kelas VII. CetakanKe-2.(Edisi Revisi),  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (hal. 193-211).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas VII. CetakanKe-2.(Edisi Revisi) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (hal. 98-110).

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     
1.    Kegiatan Awal  (15 menit)
Kegiatan awal yang harus dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.
1)   Peserta didik dibariskan empat bersaf atau membentuk setengah lingkaran, ucapkan salam atau selamat pagi kepada peserta didik.
2)   Sebelum melakukan aktivitas ,sebaiknya semua peserta didik dan guru berdoa dan bersalaman.
3)   Guru harus memastikan bahwa semua peserta didik dalam keadaan sehat. Peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan serius seperti asma, jantung, dan penyakit kronis lainnya harus diperlakukan secara khusus.
4)   Tanyakan kondisi kesehatan peserta didik secara umum.
5)   Berdoa sebelum pelajaran dimulai yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
6)   Melakukan pemanasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang peserta didik yang dianggap mampu. Guru menjelaskan arti penting pemanasan sebelum melakukanaktivitas fisik, yaitu untuk menyiapkan otot dan sendi tubuh sehingga meningkatkantingkat energi yang dikeluarkan oleh metabolisme tubuh, meningkatkan kecepatan perjalanan sinyal syaraf yang memerintah gerakan tubuh sehingga memudahkan otot-otot berkontraksi dan rileks secara lebih cepat dan efisien, meningkatkan kapasitas kerja fisik,mengurangi adanya ketegangan otot, meningkatkan kemampuan jaringan penghubungdalam gerakan memanjang atau meregang, meningkatkan kondisi tubuh secara psikologiskarena pemanasan mampu membangun kepercayaan diri dan rasa nyaman.
7)   Sampaikan tujuan aktivitas yang harus dicapai oleh peserta didik.



2.    Kegiatan Inti (90 menit)
1)      Mengamati
ü Peserta didik dikelompokkan  ke dalam  4  kelompok kecil yang terdiri dari  8orang (putra/putri sendiri).
ü Tiap-tiap kelompok peserta didik mengidentifikasi gerakan lari cepat yang diamati dari model lari jarak pendek.
ü Peserta didik mengamati teknik lari cepat yang benar dari model.
ü Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai peraturan keselamatan dari guru.

2)        Menanya
(Dengan panduan guru) peserta didik mengamati fenomena untuk menemukan hal-hal yang ingin / perlu diketahui agar dapat melakukan sesuatu dan merumuskan pertanyaan.
Misalnya :
a.    Bagaimanakah teknik yang benar supaya larinya cepat ?
b.   Bagaimanakah awalan yang tepat dalam lari jarak pendek ?


3)        Mencoba/mengumpulkan data (informasi)
a.         Teknik Dasar Start
Guru menugaskan peserta untuk melakukan teknik dasar start seperti berikut ini. Kemudian temukan pola teknik dasar start yang sesuai buat peserta didik.
Start panjang (Long start)
Cara melakukan start panjang adalah sebagai berikut.
1.        Sikap jongkok rileks.
2.        Lutut kaki kanan menempel di tanah.
3.        Kaki kiri berada di depan dengan posisi jinjit.
4.        Kedua tangan menempel di atas garis start
dengan membentuk huruf “v”.













5.        Pandangan rileks ke depan, konsentrasi pada 
aba-aba start berikutnya.

Start menengah (Medium start)
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
1.        Sikap jongkok rileks.
2.        Lutut kaki kanan menempel di tanah.
3.        Kaki kiri berada di samping lutut kaki
kanandengan jarak ± satu kepal.
4.        Kedua tangan menempel di atas garis start
dengan membentuk huruf “v”
5.        Pandangan rileks ke depan, konsentrasi pada
aba-aba start berikutnya.

Start pendek (Short start)
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
1) Sikap jongkok rileks.
2) Lutut kaki kanan menempel di tanah.
3) Kaki kiri terletak di antara kaki kanan danlutut kaki kanan.
4) Kedua tangan menempel di atas garis startdengan membentuk huruf “v”.
5) Pandangan rileks ke depan, dan konsentrasipada aba-aba start berikutnya.

b.        Start Jongkok dengan aba-aba start
Dalam melakukan start jongkok, ada tiga tahapan yang disesuaikan dengan aba-aba.
1)      Aba-Aba “Bersedia”
Apabila mendengar aba-aba “bersedia”, sikap badan seorang pelari adalah sebagai berikut.
a.    Salah satu lutut diletakkan di tanah dengan jarak ± satu jengkal dari garis start.
b.    Kaki satunya diletakkan tepat di samping lutut yang menempel tanah ± satu kepal.
c.    Badan membungkuk ke depan, kedua tangan terletak di tanah di belakang garis start, keempat jari rapat, ibu jari terbuka (membentuk huruf v).
d.    Kepala ditundukkan, leher rileks, pandangan ke bawah, dan konsentrasi pada abaaba berikutnya.

2)      Aba-Aba “Siap”
Apabila ada aba-aba “siap”, sikap badan seorang pelari adalah sebagai berikut.
a.    Lutut yang menempel di tanah diangkat, panggul diangkat setinggi bahu dan berat badan dibawa ke muka kaki belakang membentuk sudut 120 derajat, sedangkan kaki depan membentuk sudut 90 derajat.
b.    Kepala tetap tunduk, leher rileks, pandangan ke bawah dan konsentrasi pada abaaba berikutnya.

3)      Aba-Aba “Ya”
Apabila mendengar aba-aba “Ya” atau bunyi pistol, yang perlu dilakukan oleh pelari
adalah sebagai berikut.
a.    Menolak ke depan dengan kekuatan penuh atau gerakan meluncur, tetapi jangan melompat.
b.    Badan tetap condong ke depan disertai dengan gerakan lengan yang diayunkan.
c.    Dilanjutkan dengan gerakan langkah kaki pendek-pendek, tetapi cepat agar badan tidak jatuh ke depan (tersungkur).

4)        Mengasosiasi/menganalisis data (informasi)
a)   Setiap kelompok menemukan kesalahan yang sering dilakukan pada gerakan lari jarak pendek.
b)   Peserta didik dalam kelompoknya saling memperbaiki berdasarkan hasil amatan.
c)   Menemukan cara untuk melakukan gerakan start dan lari yang benar.

5)        Mengkomunikasikan
a)   Semua kelompok dikumpulkan, masing-masing kelompok menyampaikan  hasil pengamatan mengenai konsep gerakan lari yang benar.
b)   Setiap kelompok mewakilkan salah satu anggotanya untuk memperagakan gerakan lari yang benar.
c)   Setelah setiap kelompokmenyampaikan dilanjutkan berdiskusi dan melakukan refleksi.
d)   Peserta didik menunjukkan sikap respek pada orang lain dengan mendengarkan secara seksama setiap ada orang lain yang berpendapat.

3.    Kegiatan Penutup (15 menit)
1)      Peserta didik melakukan pelemasan dan pelepasan
2)      Peserta didik bersama guru, melakukan refleksi.
Ajukan kepada peserta didik pertanyaan:
a)      Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
b)      Apa yang kalian pikirkan tadi pada saat akan lari jarak pendek?
c)      Bagaimana perasaan kalian sebelum dan setelah melakukan lari jarak pendek?
3)      Peserta didik bersama guru menyimpulkan konsep rangkaian gerakan lari jarak pendek yang benar.
4)      Peserta didik bersama-sama guru berdoa
5)      Setiap kelompok mengembalikan alat ke tempat penyimpanan dengan tertib.

           II.          Penilaian
1.       Penilaian Pengetahuan
           Peserta didik diminta untuk menjawab pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat! Tugas tersebut dikerjakan di rumah dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya!
Butir Soal Pengetahuan

No.
Butir Pertanyaan
Bobot
1.
Jelaskan cara melakukan teknik start aba-aba “Bersedia” lari jarakpendek.
4
2.
Jelaskan cara melakukan teknik start aba-aba “Siaap” lari jarak pendek.
4
3.
Jelaskan cara melakukan teknik start aba-aba “Yaa” lari jarak pendek.
4
4.
Jelaskan cara melakukan gerakan teknik lari jarak pendek.
4
5.
Jelaskan cara melakukan teknik gerakan memasuki garis finish lari jarak pendek.
4
Skor Total
20


Skor yang diperoleh peserta didik 
Skor total (20)

Nilai peserta didik = x 100


Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
Skor yang diperoleh peserta didik untuk suatu perangkat tes uraian dihitung dengan rumus:

Contoh cara perskoran soal no. 1:
·      Pertanyaan: Jelaskan cara melakukan teknik start aba-aba “Bersedia” lari jarak pendek!
·      Kriteria penskoran:
Skor 4 jika peserta didik dapat menjelaskan:
1)   Salah satu lutut diletakkan di tanah dengan jarak ± satu jengkal dari garis start.
2)   Kaki satunya diletakkan tepat di samping lutut yang menempel tanah ± satu kepal.
3)   Badan membungkuk ke depan, kedua tangan terletak di tanah di belakang garis start, keempat jari rapat, ibu jari terbuka (membentuk huruf V).
4)   Kepala ditundukkan, leher rileks, pandangan ke bawah dan konsentrasi pada abaaba berikutnya.

Skor 3 jika peserta didik hanya menjawab tiga kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 2 jika peserta didik hanya menjawab dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1 jika peserta didik hanya menjawab satu kriteria yang dilakukan secara benar

Tugas Kelompok
1. Peserta didik diminta untuk membuat salah satu tugas (membuat kliping dan gambar-gambar atlet lari jarak pendek baik nasional maupun dunia yang meliputi: riwayat singkat pribadi dan prestasinya) secara berkelompok. Untuk membantu dalam mengerjakan tugas jurnal tersebut, dapat memperkaya informasi melalui: buku lari jarak pendek, majalah, koran, internet, atau sumber lainnya. Peserta didik dapat menegrjakan tugas tersebut pada kertas HVS dan dijilid dan dikumpulkan pada pertemuan terakhir materi lari jarak pendek!


No.
Indikator Penilaian
Hasil Penilaian
Baik (3)
Cukup (2)
Kurang (1)

1

Menjelaskan cara melakukan teknik dasar
lari jarak pendek!




2.
Menjelaskan kesalahan-kesalahan yang seringdilakukan saat melakukan teknik dasar larijarak pendek!




3.
Menjalaskan cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saatmelakukan teknik dasar lari jarak pendek!



Skor Maksimal (9)








Skor yang diperoleh peserta didik untuk suatu perangkat tugas kelompok dihitung dengan rumus:
Skor yang diperoleh peserta didik 
Skor total (9)

Nilai peserta didik = x 100



2.      Peserta didik diminta untuk membuat makalah tentang lari jarak pendek secara berkelompok. Untuk membantu dalam mengerjakan tugas jurnal tersebut, dapat memperkaya informasi melalui: buku lari jarak pendek, majalah, koran, internet, atau sumber lainnya. Peserta didik dapat mengerjakan tugas tersebut pada kertas HVS dan dijilid dan dikumpulkan pada pertemuan terakhir materi lari jarak pendek!





No.
Indikator Penilaian
Hasil Penilaian
No.Indikator Penilaian
Baik (3)
Cukup (2)
Kurang (1)
1.
Sikap awalan melakukan gerakan



2.
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan



3.
Sikap akhir melakukan gerakan



Skor Maksimal (9)




Skor yang diperoleh peserta didik 
Skor total (9)

Nilai peserta didik = x 100



2.      Penskoran Keterampilan
a.                                                                            Penskoran Unjuk Kerja
Peserta didik diminta untuk melakukan teknik dasar gerakan lari jarak pendek berikut ini. Penilaian yang diberikan oleh guru meliputi unsur-unsur: sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir teknik dasar lari jarak pendek!



Butir Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
1) Peserta didik diminta untuk melakukan teknik dasar lari jarak pendek yang dilakukan secara perseorangan dan berkelompok atau dalam bentuk perlombaan!

No.
Indikator Penilaian
Hasil Penilaian
Baik (3)
Cukup (2)
Kurang (1)
1.
Melengkapi komponen laporan: Judul, katapengantar, daftar isi dan daftar pustaka.



2.
Mengumpulkan data-data tentang jalan cepatseperti: pengertian, tujuan, sarana/ prasarana, teknik dasar, dan peraturan permainan sepakbola.



3.
Menyerahkan laporan hasil sesuai denganwaktu yang telah ditentukan.



Skor Maksimal (9)






Skor yang diperoleh peserta didik untuk suatu perangkat tes keterampilan dihitung dengan rumus:
Skor yang diperoleh peserta didik 
Skor total (9)

Nilai peserta didik = x 100



Contoh cara perskoran soal no. 1:
  • Perintah : Lakukan teknik dasar lari jarak pendek yang dilakukan secara perseorangan dan berkelompok atau dalam bentuk perlombaan!
  • Kriteria penskoran:
Sikap awalan melakukan gerakan:
Skor Baik jika:
(1) kaki melangkah selebar dan secepat mungkin.
(2) kaki belakang saat menolak dari tanah harus tertendang lurus dengan cepat.
(3) lutut ditekuk secara wajar agar paha mudah terayun ke depan.
Skor Sedang jika: hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor Kurang jika: hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan:
Skor Baik jika:
(1) lengan diayun ke depan atas sebatas hidung.
(2) sikut ditekuk kurang lebih membentuk sudut 90 derajat.
(3) lengan diayunkan secara bergantian secara konsisten ke depan dan ke belakang.
Skor Sedang jika: hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor Kurang jika: hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan:
Skor Baik jika:
(1) saat berlari badan rileks .
(2) kepala segaris punggung dan pandangan ke depan.
(3) badan condong ke depan.
Skor Sedang jika: hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor Kurang jika: hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar

  1. Proyek
Peserta didik diminta untuk membuat tugas proyek ini secara berkelompok. Tugasnya adalah menganalisis teknik dasar lari jarak pendek. Analisis teknik dasar lari jarak pendek meliputi: (1) Cara melakukan teknik dasar, (2) kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan, dan (3) bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut. Untuk membantu dalam mengerjakan tugas proyek tersebut, dapat memperkaya informasi melalui: buku lari jarak pendek, majalah, koran, internet, atau sumber lainnya. Peserta didik dapat mengerjakan tugas proyek tersebut pada buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan terakhir materi lari jarak pendek.
No.
Indikator Penilaian
Hasil Penilaian
No.Indikator Penilaian
Baik (3)
Cukup (2)
Kurang (1)
1.
Menjelaskan cara melakukan teknik dasarlari jarak pendek!



2.
Menjelaskan kesalahan-kesalahan yang seringdilakukan saat melakukanteknik dasar larijarak pendek!



3.
Menjelaskan cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukanteknik dasar lari jarak pendek!




Skor Maksimal (9)





Skor yang diperoleh peserta didik untuk suatu perangkat tes keterampilan dihitung dengan rumus:
Skor yang diperoleh peserta didik 
Skor total (9)

Nilai peserta didik = x 100


  1. Tugas Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat rangkuman materi pembelajaran yang telah dilakukan yang berkenaan dengan teknik dasar jalan cepat. Peserta didik dapat mengerjakan tugas portofolio tersebut pada buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

No.
Indikator Penilaian
Hasil Penilaian
No.Indikator Penilaian
Baik (3)
Cukup (2)
Kurang (1)
1.
Melengkapi komponen laporan: Judul,
tujuan, manfaat, dan daftar pustaka.



2.
Menyimpulkan proses pembelajaran
yang telah dilakukan seperti: kegiatan
pendahuluan, inti, dan penutup.



3.
Menyerahkan laporan hasil sesuaidenganwaktu yang telah ditentukan.



Skor Maksimal (9)




Skor yang diperoleh peserta didik untuk suatu perangkat tes keterampilan dihitung dengan rumus:
Skor yang diperoleh peserta didik 
Skor total (9)

Nilai peserta didik = x 100


3.      Penskoran Aspek Sikap Sosial
Penilaian aspek sikap dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan pembelajaran lari jarak pendek. Penilaian sikap dapat dilakukan terhadap diri sendiri dan dapat juga menilai antarteman. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerja sama, sportivitas, percaya diri, menghargai teman, dan menerima kekalahan/ kemenangan. Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
NoAspek Pengamatan
1
2
3
4

1.
Kerja sama





2.
Sportivitas





3.
Tanggung jawab





4.
Menghargai teman





5.
Menerima kekalahan & kemenangan






Jumlah skor maksimal = 20















Mengetahui,                                                                Makassar,             2017          
Guru Pamong                                                              Mahasiswa PPL
                                   
                       
           
Sucipto S. Pd                                                              Ansar  D
            NIP.196411101988031023                                        NIM. 14093188761145

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP SENAM LANTAI KURIKULUM 2013 REVISI 2017

RPP PENJAS PERMAINAN BOLA KASTI KURIKULUM 2013 REVISI 2017