RPP SENAM LANTAI KURIKULUM 2013 REVISI 2017
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Negeri
23 Makassar
Mata Pelajaran : Pendidika Jasmani Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/ Semester : VIII / satu
Materi Pokok : Senam Lantai
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (3JP)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan
kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Memahami konsep berbagai keterampilan dasar dalam
aktivitas spesifik senam lantai.
|
3.6.1
Mengidentifikasikan macam-macam gerakan senam lantai
3.6.2
Menjelaskan teknik dasar gerakan guling depan
3.6.3
Menjelaskan teknik dasar gerakan guling belakang ( awalan jongkok / berdiri, gerakan mengguling /
roll, sikap akhir )
|
4.6 Mempraktikkan konsep berbagai keterampilan
dasar dalam aktivitas spesifik senam lantai.
|
4.6.1
Melakukan
rangkaian gerakan teknik dasar guling depan dengan baik dan benar
4.6.2
Melakukan
rangkaian gerakan teknik dasar dan guling dengan baik dan benar
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran problem
based learning, siswa diharapkan dengan benar dapat :
1.
Mengidentifikasi
macam-macam latihan senam lantai
2.
Menjelaskan pengertian teknik dasar gerakan
guling depan dan guling
belakang
3.
Menjelaskan teknik dasar gerakan
guling depan dan guling
belakang
4.
Melakukan rangkaian gerakan teknik dasar guling depan dengan baik dan benar
5.
Melakukan rangkaian gerakan teknik dasar guling belakang dengan baik dan
benar
Fokus penguatan
karakter :
-
Kejujuran
-
Kerjasama
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran Reguler
Latihan
guling depan dan guling belakang
Rangkaian
gerak:
a.
Sikap awalan
jongkok / berdiri gerak guling depan dan guling
belakang
b.
Gerakan
Mengguling kedepan dan guling kebelakang
c.
Sikap akhir
guling depan dan
guling belakang
d.
Rangkaian
gerakan guling depan dan
guling belakang
2. Materi Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah
materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami
dan dilakukan. Misalnya gerakan
tersebut dengan dibantu oleh teman atau guru.
3.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran
regular dengan meningkatkan faktor kesulitannya.
E. Metode
Pembelajaran
Problem
based learning
F. Media
dan Bahan Pembelajaran
1.File
tanyangan video
2. Matras : 4
buah
3. Lembar kerja Siswa
G.
Sumber Belajar
Muhajir. 2016. PJOK (Buku siswa). Jakarta: Kemdikbud
(hal. 211 -227 )
Muhajir. 2016. PJOK (Buku guru). Jakarta: Kemdikbud
(hal. 285-302 )
H.
Langkah- langkah pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||
Pendahuluan
|
1.
Guru memimpin doa.
2.
Guru memberi salam kepada
siswa
3.
Guru menanyakan kondisi
kesehatan siswa secara umum.
4.
Guru menyampaikan Indikator
Kompetensi yang harus dikuasai.
5.
Guru menjelaskan cakupan
materi dan tujuan pembelajaran tentang guling depan dan guling belakang pada
senam lantai.
6.
Guru menyampaikan tehnik penilaian untuk kompetensi
yang harus dikuasai, baik kompetensi sikap spiritual dengan observasi dalam
bentuk jurnal, kompetensi pengetahuan dan kompetensi ketrampilan.
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
Tahap 1.
Orientasi terhadap masalah
|
Menyajikan masalah nyata kepada siswa
1.
Siswa menyaksikan video
tentang gerakan senam lantai.
2.
Siswa menyaksikan video
tentang gerakan guling depan dan guling belakang yang baik.
3.
Siswa (dengan bimbingan guru)
berdiskusi tentang bagaimana cara melakukan guling depan dan guling belakang
yang benar beserta kesalahannya.
|
90 menit
|
Tahap 2
Organisasi
belajar
|
Memfasilitasi siswa untuk memahami masalah
nyata
Guru memfasilitasi
peserta didik untuk memahami masalah nyata yang telah disajikan, yaitu:
4.
Siswa (dengan bimbingan guru)
berdiskusi tentang bagaimana cara melakukan guling depan dan guling belakang
yang benar beserta kesalahannya. Contoh pertanyaan adalah:
-
Jelaskan prosedur melakukan
melakukan guling depan dan guling belakang !
-
Sebutkan kesalahan yang muncul
ketika melakukan guling depan dan guling belakang !
|
|
Tahap 3
Penyelidikan individual
maupun kelompok
|
Melakukan pengumpulan
data/informasi melalui berbagai macam cara menemukan berbagai alternative
penyelesaian masalah.
Pemanasan
Siswa saling berpasangan. 1 Siswa tidur
terlentang, kedua tangan memegang lututnya,siswa yang lain menggerakkan badan
siswa yang terlentang tersebut.
Penggunaan metode
resiprokal
2.
Siswa tetap berpasangan. Tiap pasangan menempati
tempat yang tidak mengganggu pasangan lain.
3.
Pada tiap-tiap pasangan siswa 1 berperan sebagai
pelaku dan siswa yang lain menjadi pengamat.
Gerakan guling depan awalan
jongkok
Guling depan dengan awalan berdiri
Guling belakang
dengan awalan berdiri
4.
Setelah siswa 1 selesai kemudian bergantian siswa
pengamat menjadi siswa pelaku dan sebaliknya.
5.
Siswa melakukan latihan guling depan dan guling
belakang
6.
Siswa secara mandiri maupun
kelompok mengumpulkan data dan informasi (pengetahuan, konsep, teori) dari
berbagai sumber (website, buku siswa dan lain-lain) untuk menemukan solusi
atas masalah yang ditemukan.
7.
Siswa mengolah hasil yang diperoleh dari pengamatan
melakukan gerakan guling depan dan
guling belakang.
|
|
Tahap 4
Pengembangan
dan penyajian hasil penyelesaian masalah
|
1.
Siswa dalam kelompok berbagi
informasi dan diskusi untuk menemukan dan menentukan solusi yang dianggap
tepat untuk menyelesaikan masalah.
2.
Siswa menetapkan solusi
penyelesaian masalah.
3.
Siswa menyusun
hasil kerja kelompok yang dapat berupa paparan, peragaan atau dalam bentuk
lembaran
|
|
Tahap 5
Analisis
dan evaluasi proses penyelesaian masalah
|
memfasilitasi peserta didik untuk
melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses
penyelesaian masalah yang dilakukan.
1.
Siswa mempresentasikan hasil
kerja kelompok di depan kelas.
2.
Siswa yang lain mereviu dan
memberi tanggapan terhadap kerja kelompok
3.
Siswa dalam kelompok
memperbaiki hasil kerja berdasarkan masukan dan tanggapan dari kelompok lain.
4.
Bersama guru siswa melakukan
reviu dan refleksi atas pembelajaran yang dilakukan
5.
Guru dan siswa memberikan
apresiasi atas partisipasi semua pihak.
6.
Guru dan siswa bersama-sama
merayakan keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran dengan permainan sederhana
|
|
Penutup
|
1. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi
pembelajaran yang telah diberikan.
2. Melakukan pelepasan dan pendinginan yang dipimpin guru atau
salah satu siswa yang dianggap mampu.
3. Menginformasikan materi minggu depan, berdoa
dan bersalaman.
|
15 menit
|
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Jenis/teknik penilaian
a.
Sikap (spiritual dan sosial)
Sikap spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lihat Lampiran 1
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran
(assessment for and of learning)
|
Sikap Sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lihat Lampiran 1
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran
(assessment for and of learning)
|
b.
Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Tertulis
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk uraian
|
Sebutkan jenis senam lantai
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment
of learning)
|
2.
|
Penugasan
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei.
|
Jelaskan
prosedur melakukan guling depan
dan guling belakang
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment
for learning)
|
c.
Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Praktik
|
Tugas (keterampilan)
|
Lakukan guling depan dan guling belakang
|
Pada akhir pembelajaran
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
2.
Pembelajaran remedial
Dengan pemanfaatan tutor sebaya melalui belejar kelompok untuk
menjawab pertanyaan yang diberikan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan
senam lantai.
3.
Pembelajaran pengayaan
Mencari artikel dari majalah atau internet tentang kebugaran
jasmani.
Lampiran 1
1.
Penilaian Sikap
Penilaian
perkembangan sikap spiritual dan sosial dalam bentuk jurnal.
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL
Nama Sekolah :
SMP Negeri 23 Makassar
Kelas/Semester :
VIII/ satu
Tahun Pelajaran :
2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Tanda
Tangan
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SOSIAL
Nama Sekolah :
SMP Negeri 23 Makassar
Kelas/Semester :
VIII/Semester 1
Tahun Pelajaran :
2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Tanda
Tangan
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan
a.
Tes Tertulis
1) Kisi-kisi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk Soal
|
Jml Soal
|
1
|
3.6 Memahami konsep berbagai keterampilan dasar dalam
aktivitas spesifik senam lantai.
|
Senam lantai
|
1.Mengidentifikasikan macam-macam
gerakan senam lantai
2.Menjelaskan pengertian gerakan guling depan
3. Menjelaskan teknik melakukan
guling belakang ( awalan jongkok / berdiri,
gerakan mengguling / roll, sikap akhir )
|
Uraian
Uraian
|
1
1
|
2)
Soal
(a) Sebutkan macam-macam gerakan senam lantai!
(b)
Jelaskan pengertian gerakan
guling depan dan guling belakang!
(c)
Jelaskan cara melakukan gerakan
guling depan dan guling belakang!
3)
Kunci jawaban
(a)
Macam-macam senam lantai adalah
guling depan, guling belakang, guling lenting, meroda, kayang
(b)
Pengertian roll depan adalah
berguling kedepan atas bagian belakang badan
Pengertian roll belakang adalah berguling kebelakang atas bagian
belakang badan
(c)
Cara guling depan dengan awalan
jongkok :
§ Sikap awal jongkok, kedua kaki rapat, lutut menempel ke dada.
-
Kedua tangan menumpu di depan
ujung kaki kira-kira 40 cm.
§ Bengkokkan kedua tangan,letakkan pundak ke matras dengan menundukan
kepala dan dagu sampai ke dada.
§ Setelah itu lanjutkan dengan melakukan guling ke depan.
§ Ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan dua
tangan menuju posisi jongkok.
Cara guling depan dengan sikap berdiri :
-
Sikap awal berdiri dengan kedua
kaki lalu letakkan kedua telapak tangan di atas matras selebar bahu, di depan
ujung kaki ± 50 cm
-
Bengkokkan kedua tangan lalu
letakkan pundak di atas matras dan kepala di lipat sampai dagu menempel dada
-
Dengan berguling ke depan,
panggul menyentuh matras, lipat kedua kaki dan pegang tulang kering dengan
kedua tangan menuju ke posisi jongkok.
Sikap guling belakang :
-
Sikap awal jongkok, kedua
tangan ditekuk dan telapak tangan di atas bahu dan menghadap ke atas kedua kaki
sedikit rapat
-
Kepala ditundukkan kemudian
kaki menolak kebelakang
-
Saat panggul mengenai matras,
kedua tangan siap menolak
-
Kaki segera diayunkan melewati
kepala, dengan dibantu kedua tangan menolak kuat dan kedua kaki dilipat sampai
ujung kaki dapat mendarat di atas matras, ke sikap jongkok.
4).
Pedoman penskoran
a)
Penskoran
(1)
Soal nomor 1
(a)
Skor 3, jika jenis disebut secara
lengkap
(b)
Skor 2, jika jenis disebut
secara kurang lengkap
(c)
Skor 1, jika jenis disebut
tidak lengkap
(2)
Soal nomor 2
(a)
Skor 4, jika penjelasan benar
dan lengkap
(b)
Skor 3, jika penjelasan benar
tetapi kurang lengkap
(c)
Skor 2, jika sebagian
penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
(d)
Skor 1, jika hanya sebagian
penjelasan yang benar dan tidak lengkap
b)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 7
Skor perolehan siswa: SP
Nilai pengetahuan yang diperoleh siswa: SP/7
1)
Penugasan
1)
Contoh Kisi-Kisi Penugasan
Nama Sekolah : SMP Negeri 23 Makassar
Kelas/Semester : VIII/satu
Tahun pelajaran : 2017/2018
Mata Pelajaran : PJOK
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1.
|
Memahami konsep berbagai keterampilan dasar dalam
aktivitas spesifik senam lantai.
|
Senam lantai
|
Siswa dapat menjelaskan cara melakukan gerakan
guling depan dan guling belakang
|
Penugasan
|
2)
Soal penugasan:
Diskripsikan cara
melakukan gerakan guling depan dan guling belakang dan sertakan gambarnya!
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Lembar pengamatan proses gerakan
guling depan dan guling belakang.
1)
Teknik penilaian
Praktik melakukan
gerakan guling depan dan guling belakang.
2)
Instrumen Penilaian dan Pedoman
Penskoran
Siswa diminta
untuk melakukan gerakan guling depan dan guling belakang .
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan :
...........................................................
(a) Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan,
setiap siswa menunjukkan atau menampilkan keterampilan gerak yang diharapkan.
(b)
Rubrik penilaian keterampilan gerak guling depan dan
guling belakang
No.
|
Indikator Penilaian
|
Hasil Penilaian
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
jml
|
||
1.
|
Sikap awalan, pelaksanaan
dan sikap akhir melakukan gerakan guling depan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Sikap awalan, pelaksanaan
dan sikap akhir melakukan gerakan guling belakang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Maksimal (6)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3)
Pedoman penskoran
a.
Penskoran untuk keterampilan
gerak guling depan
1.
Sikap awal berdiri dengan kedua
kaki lalu letakkan kedua telapak tangan di atas matras selebar bahu, di depan
ujung kaki ± 50 cm
2.
Bengkokkan kedua tangan lalu
letakkan pundak di atas matras
3.
Kepala di lipat sampai dagu
menempel dada
4.
Dengan berguling ke depan,
5.
Panggul menyentuh matras,
6.
Lipat kedua kaki
7.
Pegang tulang kering dengan
kedua tangan menuju ke posisi jongkok.
8.
Diakhiri
dengan Sikap jongkok,
9.
Kedua kaki rapat, telapak kaki
bertumpu pada lantai.
10.
Kedua lengan lurus ke depan,
telapak dan jari tangan menunjuk ke
depan dan kedua siku lurus
b.
Penskoran untuk keterampilan
gerak guling belakang
1.
Sikap awal jongkok,
2.
kedua tangan ditekuk
3.
telapak tangan di atas bahu dan
menghadap ke atas kedua
4.
kaki sedikit rapat
5.
Kepala ditundukkan kemudian
kaki menolak kebelakang
6.
Saat panggul mengenai matras,
kedua tangan siap menolak
7.
Kaki segera diayunkan melewati
kepala, dengan dibantu kedua tangan menolak kuat
8.
kedua kaki dilipat sampai ujung
kaki dapat mendarat di atas matras, ke sikap jongkok.
9.
kedua kaki rapat, telapak kaki
bertumpu pada lantai.
10.
kedua lengan lurus ke depan,
telapak dan jari tangan menunjuk ke
depan dan kedua siku lurus
c. Pengolahan skor
Skor maksimum: 10
Skor perolehan siswa: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh siswa: SP/10 X 100
b. Lembar
pengamatan hasil gerakan guling depan dan guling belakang
Teknik
Penilaian
|
:
|
Tes
Praktik
|
Bentuk
Instrumen
|
:
|
rating scale (dengan lembar pengamatan)
|
Kisi-kisi
|
:
|
1)
Melakukan gerakan sikap awalan jongkok / berdiri guling depan
2)
Melakukan gerakan guling depan
3)
Melakukan gerakan sikap akhir
guling depan
4)
Melakukan rangkaian gerakan guling depan
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
jml
|
||
1.
|
Sikap awalan, pelaksanaan
dan sikap akhir melakukan gerakan guling depan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Sikap awalan, pelaksanaan
dan sikap akhir melakukan gerakan guling belakang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Pengamatan
Skor perolehan
Nilai :-----------------------------------
X
Skor maksimal
LEMBAR KERJA I
Petunjuk
:
1.
Lakukan
latihan gerakan guling depan dan guling belakang secara berpasangan
2.
Diskusikan
dengan pasanganmu tentang langkah-langkah gerakan guling depan dan guling
belakang
3. Tuliskan
hasil diskusi dalam tabel di bawah ini.
No.
|
Latihan
|
Langkah-langkah
/ prosedur melakukan
|
1.
|
Guling depan
|
|
2.
|
Guling
belakang
|
|
Mengetahui, Makassar 2017
Guru
Pamong Mahasiswa
PPL
Sucipto
S. Pd Ansar D
NIP.
196411101988031023 NIM.14093188761145
Komentar