RPP PENJAS PERMAINAN BOLA KASTI KURIKULUM 2013 REVISI 2017
RPP PENJAS PERMAINAN BOLA KASTI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: SMPN 23 Makassar
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas
/ Semester : VII
/ Satu (Ganjil)
Materi
Pokok : Permainan Bola Kasti
Alokasi
Waktu : ( 2 x Pertemuan ) 6 jp
A.
Kompetensi Inti
1.
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
3.
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
4.
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3
|
3.1 Memahami konsep keterampilan gerak
fundamental permainan kecil.
|
1.
Menjelaskan gerak fundamental melambungkan
bola
2.
Menjelaskan
gerak fundamental melempar bola
3.
Menjelaskan
gerak fundamental menangkap bola
4.
Menjelaskan
gerak fundamental memukul bola
|
4
|
4.1 Mempraktekkan teknik dasar permainan bola
kecil dengan menekankan gerak dasar fundamental.
|
1. Mempraktikkan
gerak dasar me-lempar bola dengan berbagai teknik lemparan ( lemparan atas, lemparan , kemparan bawah dan lemparan samping)
Permainan Bola kasti
dengan koordinasi yang baik.
2. Mempraktikkan
teknik dasar menangkap bola dengan
berbagai macam tangkapanl (menangkap bola lurus, lambung dan me-nangkap
bola yang bergulir di tanah) Permainan Bola Kasti dengan koordinasi yang baik.
3. Mempraktikkan
gerak dasar memukul bola dengan berbagai teknik
(pukulan lurus mendatar dan lambung)
Permainan Bola Kasti dengan koordinasi yang
baik.
4.
Bermain
bola kasti dengan mengguna-kan
peraturan yang dimo-difikasi meng-gunakan gerak dasar me-lempar, menangkap dan menangkap bola dengan koordinasi
yang baik.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan gerak
fundamental melambungkan, melempar, menangkap, memukul
bola
2.
Mempraktikkan gerak dasar me-lempar bola dengan berbagai teknik
lemparan ( lemparan atas, lemparan , kemparan bawah dan lemparan samping)
Permainan Bola kasti
dengan koordinasi yang baik.
3.
Mempraktikkan teknik
dasar menangkap bola dengan berbagai
macam tangkapanl (menangkap bola lurus, lambung dan me-nangkap
bola yang bergulir di tanah) Permainan Bola Kasti dengan koordinasi yang baik.
4.
Mempraktikkan gerak dasar
memukul bola dengan berbagai
teknik (pukulan
lurus mendatar dan lambung) Permainan Bola Kasti dengan koordinasi yang
baik.
5.
Bermain
bola kasti dengan mengguna-kan
peraturan yang dimo-difikasi meng-gunakan gerak dasar me-lempar, menangkap dan menangkap bola dengan koordinasi
yang baik.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran Reguler
a.
Latihan Mempraktikkan gerak dasar me-lempar bola dengan berbagai teknik
lemparan ( lemparan atas, lemparan , kemparan bawah dan lemparan samping)
Permainan Bola kasti
dengan koordinasi yang baik.
b.
Latihan teknik dasar
menangkap bola dengan berbagai macam
tangkapanl (menangkap bola lurus, lambung dan me-nangkap
bola yang bergulir di tanah) Permainan Bola Kasti dengan koordinasi yang baik.
c.
Latihan gerak dasar
memukul bola dengan berbagai
teknik (pukulan
lurus mendatar dan lambung) Permainan Bola Kasti dengan koordinasi yang
baik
2.
Materi Pembelajaran Remedial
Pada
dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran regular yang
disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan serta diperuntukkan bagi peserta didik yang belum tuntas atau mencapai KKM
Misalnya menggunakan gawang futsal dan juga lapangan yang diperkecil
3.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi
pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran regular dengan meningkatkan
faktor kesulitannya, misalnya ; faktor kesulitan dan peraturan serta strategi
permainan sepakbola sesungguhnya.
E.
Metode
Pembelajaran
Discovery Learning
F.
Media dan Bahan
Pembelajaran
·
Bola kasti
·
Lapangan
Permainan Bola Kasti
·
Tali / Tambang, Tiang Bendera
·
Peluit
·
Formulir penilaian
D.
Sumber
Belajar
1.
Media cetak
a. Buku
pegangan guru dan peserta didik SMP Kelas VII hal 67 Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI.
b. Buku
praktik/Lembar Kerja Siswa (LKS).
c. Buku
Permainan Bola Kasti.
d. Poster/gambar
gerak dasar Permainan Bola Kasti
2.
Media elektronik
1. Audio/video
visual teknik dasar Permainan Bola Kasti
2.
Rekaman/cuplikan
pertandingan bola kasti
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
a.
Pendahuluan (15 menit)
a)
Berbaris,
berdoa, berhitung (presensi), apersepsi, dan memotivasi peserta didik.
b) Menjelaskan tujuan pembelajaran.
c) Melakukan
pemanasan yang mengarah pada Permainan Bola Kasti seperti: bermain memberikan
bola kasti secara estafet dengan berbagai variasi atau permainan yang lainnya.
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati:
·
Peserta didik membaca
informasi dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan bola kasti (melempar dan menangkap bola) dari berbagai
sumber.
·
Peserta didik mencari
informasi dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan bola kasti
(melempar dan menangkap bola) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik.
·
Peserta didik mengamati
pertandingan bolabasket secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat
catatan tentang gerak fundamental permainan bola kasti
(melempar dan menangkap bola).
Menanya :
·
Guru menanyakan kepada
peserta didik tentang gerakl bola
kasti, misalnya: Apakah posisi togok
mempengaruhi peregerakan bola saat melakukan melempar dan menangkap? Apakah
perkenaan bola dengan tangan mempengaruhi jalannya bola saat melempar dan
menangkap? Apakah jenis pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan melempar
dan menangkap?
·
Guru menanyakan kepada
peserta didik tentang manfaat Permainan Bola Kasti terhadap kesehatan dan otot-otot yang
dominan yang dipergunakan dalam permainan
bola kasti.
Eksplorasi:
·
Peserta didik melempar
dan menangkap bola dengan berbagai cara dalam posisi diam dan bergerak secara
individual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan nilai kerjasama,
disiplin, dan tolerensi.
·
Mendiskusikansetiap gerak Permainan Bola
kasti (melempar dan menangkap bola) dengan benar.
·
Mendiskusikansetiap gerak Permainan Bola
Kasti (melempar dan menangkap bola) dengan benar dan membuat
kesimpulannya.
·
Mendiskusikan kesalahan-kesalahanyang
sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental Permainan Bola Kasti
(melempar dan menangkap bola) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental
Permainan Bola Kasti (melempar dan menangkap bola) dengan benar dan
membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi:
·
Peserta didik menemukan gerak fundamental
Permainan Bola Kasti (melempar dan menangkap bola) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri.
·
Peserta didik mencari hubungan antara
titik perkenaan bola dengan tangan dan
jalannya bola.
·
Peserta didik mencari hubungan antara
jenis lemparan dengan sasaran yang hendak di capai.
·
Peserta didik mencari hubungan antara
permainan bola kasti dengan kesehatan
dan kebugaran tubuh.
Mengkomunikasikan
:
·
Peserta didik menerapkan
berbagai keterampilan gerak ke dalam
Permainan Bola kastil
(melempar dan menangkap bola) dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi serta menunjukkan
sportif, kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku
bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan permainan.
·
Menunjukkan perilaku
menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebihan.
·
Memberikan saran
perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan.
·
Memaparkan hasil diskusi
berkaitan dengan tentang keterampilan
gerak fundamental Permainan Bola Kasti
secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama.
c.
Kegiatan Penutup (15
menit)
·
Pendinginan (colling down) dengan melemaskan otot-otot tungkai dan punggung.
·
Melakukan refleksi dan tanya-jawab materi
pembelajaran yang telah dipelajari, memberi tugas pengayaan bagi yang tuntas
dan remidial yang belum tuntas, dan memberitahu materi yang akan dipelajari
pada minggu yang akan datang.
·
Guru menugaskan kepada peserta didik untuk
mencatat pola gerak fundamental Permainan Bola Kasti yang telah dipelajari
dalam buku tugas/kerja, dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
·
Berbaris dan berdoa, kembali ke kelas
dengan penuh disiplin.
Pertemuan
ke 2
1.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
1.
Berbaris,
berdoa, berhitung (presensi), apersepsi, dan memotivasi peserta didik.
2.
Menjelaskan
tujuan pembelajaran.
3.
Melakukan pemanasan yang
mengarah pada Permainan Bola Kasti
seperti: bermain memberikan bola kasti
secara estafet dengan berbagai variasi atau permainan yang lainnya.
2.
Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati:
·
Peserta didik membaca
informasi dan membuat catatan tentang gerak
permainan bola kasti
dari berbagai sumber.
·
Peserta didik mencari
informasi dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan bola kasti dari berbagai sumber media cetak atau elektronik.
·
Peserta didik mengamati
pertandingan bola kasti
secara langsung dan membuat catatan
tentang gerak permainan bola kasti (memukul bola).
Menanya :
·
Guru menanyakan kepada
peserta didik tentang gerak bola kasti, misalnya: bagaimana
jalannya bola jika titik perkenaan bola dengan pemukul dirobah saat melakukan memukul? Apakah
posisi togok mempengaruhi peregerakan bola saat melakukan memukul Apakah perkenaan bola
dengan tangan mempengaruhi jalannya bola saat memukul? Apakah jenis
pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan memukul bolal
·
Guru menanyakan kepada
peserta didik tentang manfaat Permainan Bola Kasti terhadap kesehatan dan otot-otot yang
dominan yang dipergunakan dalam permainan
bola kasti.
Eksplorasi:
·
Peserta didik memukul bola dengan berbagai cara dalam posisi diam dan bergerak secara
individual dengan menunjukkan nilai disiplin.
·
Mendiskusikansetiap gerak Permainan Bola Kasti (memukulbola) dengan benar.
·
Mendiskusikansetiap gerak Permainan Bola Kasti (memukulbola) dengan benar
dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan kesalahan-kesalahanyang
sering dilakukan saat melakukan gerakl Permainan Bola Kasti (memukul bola)
dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak Permainan Bola Kasti (memukul bola) dengan
benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
:
·
Peserta didik menemukan gerak Permainan Bola Kasti (memukul bola) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri.
·
Peserta didik mencari hubungan antara
titik perkenaan bola dengan tangan dan
jalannya bola.
·
Peserta didik mencari hubungan antara
jenis lemparan dengan sasaran yang hendak di capai.
·
Peserta didik mencari hubungan antara
permainan bola kasti dengan kesehatan
dan kebugaran tubuh.
Mengkomunikasikan
:
·
Peserta didik menerapkan
berbagai keterampilan gerak fundamental
ke dalam Permainan Bola Kasti
(memukulbola) dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta menunjukkan sportif, kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Menunjukkan perilaku
bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan permainan.
·
Menunjukkan perilaku
menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebihan.
·
Memberikan saran
perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan.
·
Memaparkan hasil diskusi
berkaitan dengan tentang keterampilan
gerak fundamental Permainan Bola Kasti
secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama.
3.
Kegiatan Penutup (15
menit)
·
Pendinginan (colling down) dengan melemaskan
otot-otot tungkai dan punggung.
·
Melakukan refleksi dan
tanya-jawab materi pembelajaran yang telah dipelajari, memberi tugas pengayaan
bagi yang tuntas dan remidial yang belum tuntas, dan memberitahu materi yang
akan dipelajari pada minggu yang akan datang.
·
Guru menugaskan kepada
peserta didik untuk mencatat pola gerak fundamental Permainan Bola Kasti yang telah dipelajari
dalam buku tugas/kerja, dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
·
Berbaris dan berdoa,
kembali ke kelas dengan penuh disiplin.
Pada proses pembelajarannya
dapat digunakan strategi pelaksanaan dengan menggunakan metode penugasan dan
resiprokal/timbal-balik, sebagai berikut :
·
Strategi
pelaksanaan dengan menggunakan metode tugas/penugasan
o Guru membuat dua kartu tugas yang berisi deskripsi
materi yang akan dipelajari peserta didik pada minggu berikutnya. Satu kartu
tugas untuk dokumen guru, kartu tugas yang satunya ditempelkan di papan
pengumuman, guru menugaskan peserta didik untuk membuat kartu tugas dengan cara
mencontoh kartu tugas yang dipasang di papan pengumuman. Kartu tugas yang
dibuat peserta didik setelah selesai dipelajari harus dikumpulkan untuk dinilai
kerajinan, kerapian, dan kebersihannya, sebagai nilai portofolio.
o Pada setiap memulai kegiatan inti, guru meminta
peserta didik mengambil kartu tugas yang telah dibuat, kemudian menyimak kartu
tugas masing-masing sambil mendengarkan penjelasan dan contoh gerakan yang
diberikan oleh guru.
o Peserta didik kemudian mempelajari tugas pembelajaran
dan indikator keberhasilannya yang ada dalam kartu tugas tersebut.
o Peserta didik memperkirakan waktu yang diperlukan
untuk mencapai ketuntasan tugas pembelajaran tersebut.
o Peserta didik melaksanakan tugas pembelajaran sesuai
dengan indikator dan target waktu yang telah ditentukan sendiri.
o Bagi peserta didik yang belum mampu mencapai target
belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk
memperbaiki target waktu.
o Bagi peserta didik yang telah berhasil mencapai
target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan
untuk mencoba tugas berikutnya.
·
Strategi
pelaksanaan dengan menggunakan metode resiprokal/timbal-balik
o
Guru mengatur peserta didik agar berpasang-pasangan.
o
Guru membagikan bahan pembelajaran yang berisi
deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan.
o
Peserta didik mempelajari tugas dan indikator
keberhasilannya.
o
Peserta didik membagi tugas, siapa yang pertama kali
menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat.
o
Peserta didik melaksanakan tugas dan berganti peran
bilamana pelaku sudah berhasil melakukan tugas sesuai dengan indikator yang
telah ditentukan.
G.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Teknik
dan Bentuk Penilaian
a.
Penilaian Pengetahuan
Petunjuk
Penilaian
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
Butir Soal Pengetahuan
No.
|
Butir
Pertanyaan
|
Kriteria
Pensekoran
|
Nilai
Akhir
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
Σ
|
|||
1.
|
Jelaskan cara melakukan
gerak dasar fundamental memegang bola Permainan Bola Kasti.
|
||||||
2.
|
Jelaskan cara melakukan
gerak dasar fundamental melempar bola Permainan Bola kasti.
|
||||||
3.
|
Jelaskan cara melakukan
gerak dasar fundamental menangkap bola Permainan Bola Kasti.
|
||||||
4.
|
Jelaskan cara melakukan
gerak dasar fundamental menggiring bola Permainan Bola Kasti.
|
Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
Skor 3 :
jika peserta didik mampu menjelaskan tentang gerak dasar fundamental
melempar,menangkap, dan memukul Permainan Bola Kasti
Skor 2 : jika peserta didik mampu menyebutkan
dua pertanyaan di atas.
Skor 1 : jika peserta didik mampu menyebutkan
salah satu pertanyaan di atas.
Skor 0 : jika tidak satupun pertanyaan di atas
mampu disebutkan.
b.
Penilaian Keterampilan
1.
Petunjuk
Penilaian
Penilaian aspek keterampilan diperoleh melalui
penilaian proses, yaitu: sikap awal,
sikap pelaksanaan, dan sikap akhir melakukan suatu proses gerak dasar permainan
bola kecil.
2.
Butir
Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
a.
Lakukan
gerak dasar melempar dan menangkap bola Permainan Bola Kecil!
Penilaian
Keterampilan Gerak
|
Skor
Akhir
|
Keterangan
|
||||||||||
Penilaian
Proses
|
Jumlah Skor Maksimal
|
|||||||||||
Sikap tangan dan kaki (Skor 3)
|
Teknik mengoper dan menangkap bola (Skor 4)
|
Gerakan
lanjutan
(Skor
3)
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
|||
b.
Lakukan
gerak dasar menggiring bola Permainan Bola Kecil
Penilaian
Keterampilan Gerak
|
Skor
Akhir
|
Keterangan
|
||||||||||
Penilaian
Proses
|
Jumlah Skor Maksimal
|
|||||||||||
Sikap awal tangan dan kaki
(Skor 3)
|
Teknik memukul(Skor 4)
|
Gerakan
koordinasi antara tangan, kaki, dan pandangan mata (Skor 3)
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
|||
Kriteria
Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
Kriteria skor : Pelaksanaan
lempar dan tangkap bola bola kasti (Proses)
· Sikap
awal
Nilai 3 : jika pandangan mata ke arah datangnya bolabadan sedikit
dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.lutut
ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Nilai
2 : jika
hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai
1 : jika
hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 0 : jika tidak satupun
kriteria dilakukan secara benar
· Pelaksanaan
gerak
Nilai 4 : jika bola di pukul
lurus mendatar melambung kedua lengan
memegangpe benarmul badan dicondongkan ke samping pandangan mata tertuju
pada bola
Nilai
3 : jika tiga kriteria dilakukan secara
benar
Nilai
2 : jika hanya dua kriteria yang dilakukan
secara benar
Nilai
1 : jika hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar
Nilai 0 : jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
· Pelaksanaan akhir (kembali ke sikap semula)
Nilai 3 : jika
badan tetap condong ke belakang pandangan mata tertuju pada bola kaki kiri ke depan dan kaki kanan di
belakang
Nilai 2 : jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara
benar
Nilai 1 : jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara
benar
Nilai
0 : jika
tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
c. Penilaian
Sikap
Petunjuk
Penilaian
Penilaian aspek perilaku (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan Permainan Bola Kasti. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (√) dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3 . (Baik=3, Sedang = 2, dan Kurang = 1).
Rubrik
Penilaian Perilaku
Perilaku
Yang Dinilai
|
CEK (√ )
|
||
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
|
H. Kerja sama
|
|||
I.
Tanggung
jawab
|
|||
J. Menghargai teman
|
|||
K. Disiplin
|
|||
L. Toleransi
|
|||
Jumlah skor maksimal =
15
|
Rekapitulasi Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek-Aspek Penilaian
|
keterangan
|
||||
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
|||||||
dst
|
|||||||
Makassar, 11 September 2017
Komentar